Pemkab Grobogan Diminta Akomodir Guru Honorer Peserta PPPK 2023 Lulus Ambang Batas

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Sejumlah guru honorer yang tergabung dalam Forum Guru Prioritas Pertama Negeri dan Swasta Nusantara beraudiensi dengan Dewan dan perwakilan Pemkab Grobogan, Senin (29/1/2024).

Koordinator forum tersebut, Tsimarul menjelaskan, ada 213 guru di Grobogan yang memenuhi nilai ambang batas atau passing grade pada seleksi penerimaan PPPK tahun 2023 lalu. Namun, mereka belum diangkat karena tidak adanya formasi PPPK.

“Forum PGPPNS Grobogan ini terdiri dari 213 guru honorer yang sebelumnya mengikuti tes PPPK tahun 2023. Sudah lolos passing grade, namun belum dapat penempatan,” katanya.

Pihaknya mendesak Pemkab Grobogan untuk membuka formasi penerimaan PPPK yang lebih banyak di tahun 2024, sehingga para guru honorer yang masuk kategori P4 ini bisa diakomodir.

“Kami minta formasi (penerimaan PPPK) dibuka sebanyak-banyaknya, supaya kami yang 213 orang ini bisa tertampung,” pintanya.

Kepala BKPPD Grobogan Padma Saputra mengungkapkan bahwa terkait permasalahan ini, pihaknya akan menunggu ketentuan atau regulasi dari Kementerian PAN-RB.

Selain itu, dia bersama DPRD Grobogan juga akan berkonsultasi terkait masalah ini dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada awal Februari nanti.

Ia mengaku tidak bisa memprioritaskan guru honorer ini untuk masuk terlebih dahulu ke dalam formasi PPPK tahun 2024. Hal itu karena menurutnya semua kalangan masyarakat memiliki prioritas yang sama.

Terkait jumlah formasi penerimaan CASN tahun 2024 yang didalamnya ada PNS dan PPPK, sejauh ini telah ada masukan sebanyak 10 ribu formasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ia mengaku akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan TAPD berkaitan dengan kemampuan anggaran daerah, selanjutnya baru diputuskan jumlah usulan formasi penerimaan CASN di tahun 2024.

“Masukan untuk formasi penerimaan CASN dari OPD di lingkup Pemkab Grobogan sudah hampir 10 ribu. Batasnya sampai tanggal 31 Januari 2024 untuk pengusulan ke pusat,” katanya. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Polisi Amankan Truk Angkut Ribuan Botol Miras
Next post N Max Tabrakan dengan CB di Grobogan, Dua Pengendara Luka-luka
Social profiles