Mulai Tahun Ini Layanan Tera dan Tera Ulang Gratis

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mulai tahun 2024, pemerintah daerah menggratiskan layanan untuk tera dan tera ulang bagi masyarakat baik individu maupun perusahaan.

Kepala UPT Metrologi pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Arip Adi Purnomo menyatakan layanan tera dan tera ulang sejak tahun ini tidak dipungut biaya. Ketentuan itu berdasarkan peraturan perundang-undang Nomor 1 tahun 2022 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2023 tentang Pajak Retribusi Daerah.

“Iya layanan untuk uji tera/tera ulang gratis. Kalau pun mungkin servis perbaikan, itu dari perusahaan dengan pihak ketiga (jasa reparatir),” kata Arip, Selasa (30/1/2024).

Berdasarkan ketentuan itu, pemerintah daerah kehilangan pendapatan dari sektor metrologi legal. Kendati ia menyebut dampaknya kemungkinan tidak begitu berpengaruh terhadap daerah.

“Kalau dampaknya kemungkinan tidak begitu berpengaruh, walau hanya sedikit. Soalnya PAD di tahun-tahun sebelumnya nilainya hanya sedikit,” ungkap dia.

Lebih lanjut, pendapatan sektor Metrologi Legal pada layanan uji tera/tera ulang tahun 2023 targetnya adalah sebesar Rp 450 juta. Hanya saja realisasinya Rp 200 juta atau setengah dari target.

“PAD untuk Metrologi hanya sedikit, berbeda dengan PAD sektor pasar yang nilainya banyak dan tentu berpengaruh besar,” jelasnya.

Uji tera ulang ini bersifat wajib dilakukan oleh pemilik timbangan atau alat ukur tiap tahun.

Tujuannya agar alat tersebut sesuai dengan takaran ataupun timbangan.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Diduga Istri Berselingkuh, Pria di Pati Nekat Gantung Diri
Next post Polisi Amankan Truk Angkut Ribuan Botol Miras
Social profiles