Dapat Diskon 40 Persen, Petani di Pati Beli Pupuk Murah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Petani di Kabupatan Pati mendapatkan pupuk nonsubsidi dengan potongan harga hampir separuhnya, yakni 40 persen. Petani dapat membeli pupuk dengan harga murah dalam program Gebyar Diskon Pupuk oleh PT Pupuk Indonesia.

Sebanyak 5 ribu petani di Kabupatan Pati yang mendapat program pupuk murah ini.

Dalam kesempatan penyaluran Gebyar Diskon Pupuk di Pati ini dihadiri langsung oleh Direktur Produksi PT Pupuk Indonesia, Bob Indiarto di Gudang Pupuk Indonesia, Kabupaten Pati, Kamis (25/1/2024). Ia mengatakan program ini sebagai upaya membantu petani mempercepat masa tanam.

“Maksud dan tujuannya adalah untuk membantu para petani mempercepat musim tanam yang sudah mulai,” kata dia.

Ia menyebut 3 bulan sebelumnya petani di Indonesia sempat terdampak el nino. Akibatnya petani tidak bisa turun ke sawah sehingga penyerapan pupuk waktu itu sangat rendah sekali.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan setiap petani memperoleh jatah paket 50 kilogram yang terdiri dari 25 kilogram pupuk Urea serta 25 kilogram pupuk NPK.

“Petani mendapat 50 kilogram terdiri 2 jenis NPK dan Urea masing-masing 25 kilogram. Seharusnya harganya Rp 450 ribu, diskonnya 40 persen, jadi petani membayar Rp 270 ribu,” tambah dia.

Sementara salah satu penerima, Nasuka mengaku bahagia mendapat pupuk nonsubsidi dengan harga murah. Ia berharap kebutuhan pupuk bagi petani dimudahkan pemerintah.

“Iya seneng sekali dapat diskon, jadi lebih terjangkau. Semoga petani sejahtera. Saya mintanya pupuk dipermudah jangan dipersulit,” kata petani asal Kayen itu.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post KPU Pati Lantik 30.814 Petugas KPPS Serentak 21 Kecamatan
Next post Puluhan Guru Tak Tetap Ngadu ke Dewan soal Tidak Lulus PPPK
Social profiles