Libur Nataru, Diprediksi Kendaraan Meningkat 14 Persen

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati memprediksi volume kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Pati saat libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) bakal meningkat dibanding dengan hari pada umumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Operasional (Dalops) pada Dishub Pati, Nita Agusningtyas menyampaikan prediksi jumlah kendaraan meningkat mencapai di atas 14 persen. Masyarakat memanfaatkan waktu libur ini untuk mudik ke daerah, sehinga ada peningkatan kendaraan.

Prediksinya volume kendaraan saat Nataru bakal meningkat 14 persen. Tetapi secara persis kita belum tahu detailnya, berapa untuk kendaraan pribadi maupun besar. Mayoritas pribadi,” ujarnya, Senin (18/12/2023).

Dirinya menyampaikan peningkatan kendaraan tersebut dipengaruhi lantaran banyak warga yang berkunjung ke Pati Bumi Mina Tani ini. Apalagi waktunya berbarengan dengan libur panjang sekolah.

Lebih lanjut, kata Nita berdasarkan pemetaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, momen Nataru tahun 2023 ini kenaikan kendaraan arus mudik tidak terlalu signifikan. Tetapi akan ada kenaikan pengunjung di tempat wisata.

“Kenaikan kendaraan ada karena itu juga bertepatan dengan libur sekolah juga, namun arus mudiknya tidak terlalu besar ya. Tetapi prediksi dari Provinsi itu lebih banyak ke tempat wisata,” jelas Nita.

Untuk persiapan menghadapi Nataru, kata dia Dishub Pati bersama dengan Satlantas Polresta Pati telah mendirikan Posko Pengamanan (Pospam) di dua titik. Keduanya di Alun-alun Pati dan Alun-alun Juwana.

Oleh sebab itu, dirinya tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca sekarang ini dan memperhatikan kesehatan.

“Selalu waspada karena ini musim hujan. Prediksi cuaca juga ada beberapa yang ekstrim dengan curah hujannya tinggi. Apalagi Pati rawan curah hujan tinggi. Belum lagi ada genangan air di beberapa ruas jalan,” pungkas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dua Bocah Ditemukan Tewas Tenggelam di Embung Glinggang Pati
Next post DLH Minggu Ini Bahas Kelanjutan Investasi Pengolahan Sampah TPA Sukoharjo
Social profiles