KPU Pati Selenggarakan Simulasi Pemungutan Suara

SAMIN-NEWS.com, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyelenggarakan simulasi pemungutan suara di lapangan Balai Desa Kalikalong, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Selasa (26/12/2023).

Ketua KPU Pati, Supriyanto mengatakan kegiatan pada pagi hari itu merupakan simulasi yang dilakukan adalah tak hanya pemungutan suara. Melainkan melakukan simulasi layaknya ketika pelaksanaan hari H pemilu, yakni pemungutan, rekapitulasi, hingga penghitungan suara untuk kesiapan Pemilu 2024.

“Simulasinya itu coblos terus rekapitulasi menggunakan sistem aplikasi yang baru Sirekap. Warga melakukan (simulasi) untuk 5 surat suara,” kata Supri di sela kegiatan.

Kelima surat suara ini meliputi, kertas suara untuk Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/Kota.

Menurutnya, simulasi ini merupakan tugas dan kewajiban KPU Pati sesuai dengan ketentuan pada pasal 11 nomor 2 tahun 2008 tentang Pendidikan Politik bagi masyarakat.

“Ini adalah simulasi atua latihan, kondisinya riil seperti di hari pemungutan. Cuman surat suara, jenisnya, dan lain sebagainya berbeda gambarnya. Kalau di hari pemungutan tanggal 14 Februari itu kan gambar partai, gambar caleg. Tapi ini cuma gambar-gambar buah,” terang Supri.

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini pihaknya menghadirkan warga Desa Kalikalong sebanyak 150 DPT aslinya. Kita mencoba seperti aslinya itu ditambah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 4 orang dan DPK 1 orang.

Simulasi Pemungutan Suara oleh KPU kab Pati di Lapangan desa Kalikalong.

” Rencananya (simulasi) di tahun 2023 ini di wilayah utara kebetulan kita laksanakan di Desa Kalikalong wilayah. Kemudian nanti di Januari 2024 satu titik di wilayah selatan, mungkin di Pucakwangi, Winong atau mungkin di Sukolilo,” imbuhnya.

Pihaknya berharap simulasi yang dilakukan KPU Kabupaten Pati ini sebagai edukasi masyarakat atau pemilih dalam menggunakan haknya nanti saat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Silaturahmi Bambang Raya Caleg DPR RI Partai Hanura di Hadiri Ribuan Relawan
Next post Halaqah Fiqih Peradaban Jilid 2: Kaum Nahdliyyin Grobogan Diajak Jaga Perdamaian dan Hubungan Baik Antar Umat Beragama
Social profiles