Guru di Grobogan Pamerkan Karyanya di Gedung PGRI

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 121 calon guru penggerak (CGP) dan 18 orang Pengajar Praktik (PP) mengikuti kegiatan Lokakarya Tujuh Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 8 Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/12/2023). Kegiatan tersebut digelar Kemendikbudristek RI melalui Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jateng di Gedung PGRI Grobogan.

Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Purnyomo mengucapkan kepada BBGP yang telah memfasilitasi dan support kepada ratusan CGP.
“Semoga ke depan para guru lainnya bisa turut tergerak, bergerak dan menggerakkan. Kemudian benar-benar diimplementasikan. Dengan menjadi guru penggerak maka untuk bisa mencapai kepala sekolah hanya perlu membutuhkan satu periode dalam empat tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, pendidikan di era modern ini memerlukan tenaga pendidik yang bisa menjadi pendamping dan pengajar kreatif sesuai zamannya. Sehingga para guru diharapkan tergerak untuk melakukan perubahan yang signifikan.

”Apalagi yang masih muda-muda. Menggerakkan lingkungannya untuk bisa bergerak. Sehingga ditangan jenengan, Disdik nggak begitu-begitu saja. Sekolah yang ada di tingkat PAUD, TK, SD dan SMP menjadi luar biasa,” tegasnya.

Koordinator Pengajar Praktik Grobogan, Bambang Setiyono mengatakan, terdapat 18 stand yang menampilkan berbagai karya guru dan siswa yang diajar.

”Acara ini bagian akhir dari serangkaian program CGP. Sebelumnya mereka juga menjalani enam bulan pembelajaran. Kemudian mengimplementasikan di sekolah masing-masing hingga menghasilkan karya-karya yang dipamerkan kali ini,” jelasnya.

Adanya guru penggerak ini sekaligus menunjang perubahan yang sekaligus meningkatkan dan memperkuat pendidikan karakter baik bagi anak didik dan juga kinerja para pengajar yang ada di sekolah agar lebih baik.

Menurutnya, kali ini Lokakarya Tujuh mengusung konsep Bhineka Tunggal Ika. Para CGP memakai baju adat dari Sabang sampai Merauke. ”Apalagi ada beberapa sekolah yang memiliki siswa dari Papua. Tentunya kami ingin menunjukkan kalau sistem pengajaran kami mampu diterima semua anak-anak dari berbagai daerah,” ujarnya. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post 9 Kios Di Pasar Pandanharum Gabus Grobogan Hangus Terbakar, Berikut Kronologinya
Next post Video Kebakaran Gudang Gas di Ngaringan Grobogan Viral, Dua Orang Luka
Social profiles