Dinkes Instruksikan Fasilitas Kesehatan Waspadai Temuan Covid-19

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati telah menginstruksikan kepada semua fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk mewaspadai temuan kasus Covid-19 di daerah.

Seperti diinformasikan oleh Kementerian Kesehatan pada 12 Desember kemarin bahwa kasus Covid-19 mengalami tren peningkatan sejak 8 Oktober 2023. Peningkatan itu didominasi subvarian EG. 5 atau varian turunan dari Omicron.

Kasus tersebut perlu diwaspadai mengingat saat ini menjelang musim libur nasional Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Sehingga dikhawatirkan ada mobilisasi masyarakat ke tempat-tempat wisata yang berpotensi terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia menyatakan pihaknya telah menginstruksikan semua layanan kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan. Dia juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Semua fasyankes sudah diinstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan. (kemudian) melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk waspada dan upayakan tetap mematuhi prokes,” terangnya Jumat (15/12/2023).

Prokes itu seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga imunitas tubuh, jaga jarak. Jika mengalami batuk, pilek, hingga demam, maka segera periksakan ke fasilitas kesehatan.

Di samping dengan disiplin prokes, sesuatu yang perlu diperhatikan adalah dengan melengkapi vaksinasi Covid-19, baik dosis lengkap atau primer 1-2 maupun vaksin booster (tambahan).

“Jika bergejala, segera periksa ke fasyankes dan pakai masker yaa. Lengkapi vaksin Covid-19, 2 x dosis primer dan 2 x dosis booster,” pungkas Aviani.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Hari Ini KPU Pati Rampungkan Pelipatan Kotak Surat Suara
Next post Hanya Sanggupi Pengisian 55 Kursi Perangkat Desa
Social profiles