Picu Kebakaran, Dewan Ajak Warga Kelola Sampah dengan Benar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah mengajak warga untuk mengelola sampah secara benar. Sebab penanganan sampah dengan dibakar menimbulkan risiko terjadinya kebakaran lahan bahkan bangunan hingga tempat tinggal.

Seperti diketahui, musim kemarau panjang tahun 2023 ini, banyak kejadian kebakaran. Satpol PP Pati dengan armada Damkar yang terbatas sudah semaksimal mungkin menindaklanjuti laporan warga terkait kebakaran. Sehingga ini harus diantisipasi bersama agar bisa diminimalisir.

“Berkaitan kebakaran saya mendorong pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan sosialisasi secara intens mengenai pengolahan sampah. Bagaimana cara memilah sampah, karena ini harus dipilah ya, ada sampah organik, plastik,” katanya yang dikutip Senin (20/11/2023).

Ia yakin betul dengan pengelolaan sampah secara benar maka kebakaran bisa diantisipasi. Terlepas hal itu, dirinya juga mendorong partisipasi kesadaran warga agar ditingkatkan yakni tak membakar sampah sembarangan.

“Jadi masyarakat ini perlu kesadaran, sebab masyarakat tahunya itu sampah hanya dibakar. Apalagi saat musim kemarau panjang kemarin ini ya, membakar sampah menjadi penyebab paling banyak terjadinya kebakaran,” ungkap dia.

Lebih lanjut, kata dia jika sudah terjadi maka warga sendiri yang rugi merasakan dampaknya. Sekali lagi, dirinya berharap baik stakeholder terkait dengan intens melakukan sosialisasi, juga kesadaran warga perlu dijaga jangan sampai lalai.

“Semuanya harus sadar dan peduli, masyarakat jangan abai karena ini untuk kepentingan bersama. Ketika terjadi kebakaran masyarakat yang terdampak, apalagi membakar sampah memicu adanya karbon,” tandas dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post DPRD Pati Pertanyakan Penyaluran Bansos Beras Darurat Bencana
Next post Dewan Harap Pemerintah Fasilitasi Penyandang Disabilitas
Social profiles