Penyakit DM Banyak di Pati, Dewan Minta Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

SAMIN-NEWS.com, PATI – Faktor kebiasaan menjaga pola kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar berbagai penyakit. Salah satunya adalah Diabetes Melitus (DM) yakni penyakit yang diakibatkan dari terlalu banyak kadar gula dalam darah.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati pada triwulan III angka penyakit Diabetes Melitus mencapai 29.060 penderita.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Muntamah mengingatkan agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit.

“Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ya. (berkaitan) dengan pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang dan tercukupi,” kata Muntamah anggota dewan dari Komisi D ini.

Diabetes Melitus adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja tak memandang usia. Tidak hanya orang tua, melainkan anak muda juga berisiko terkena. Karena penyakit ini menyerang autoimun tubuh yang mempengaruhi minimnya produksi insulin yang berfungsi mengontrol gula.

Sejalan dengan itu, merupakan imbas dari pola makan tidak sehat karena tak mampu mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh seseorang.

Oleh karena itulah, selain tubuh harus mendapat asupan gizi secara seimbang. Tubuh juga perlu dijaga dengan olahraga secara teratur.

“Selain menyukupi asupan gizi, perilaku juga harus sehat dengan olahraga secara teratur agar tubuh tetap fit dan prima,” tambah dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Diharap Pemerintah Punya Program Preventif-Promotif Cegah Diabetes Tinggi
Next post DPRD Pati Sukarno Minta Pemkab Siapkan Bahan Pertanian
Social profiles