Diharap Pemerintah Punya Program Preventif-Promotif Cegah Diabetes Tinggi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mempunyai suatu program penanganan penyakit Diabetes Melitus. Program yang dijalankan tidak hanya sebatas penindakan pengobatan, melainkan suatu tindakan pencegahan.

Anggota Komisi D DPRD Pati, Muntamah menekankan agar pemerintah daerah mempunyai program pencegahan penyakit Diabetes Melitus agar tidak tinggi. Hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan pendekatan preventif yaitu serangkaian upaya pencegahan serta promotif yakni peningkatan kesadaran kesehatan.

“Pesannya tidak hanya pengobatan yang dilakukan, namun lebih penting lagi adalah bagaimana melakukan tindakan preventif dan promotif,” ungkap Muntamah politisi asal PKB.

Penyakit Diabetes Melitus ini merupakan imbas dari banyaknya kadar gula dalam darah yang bisa saja terjadi pada anak muda. Tidak hanya dialami orang tua. Untuk menghindari itu, perlu dipahami bersama adalah menjagamu pola hidup sehat tidak sering mengonsumsi makanan cepat saji, makanan manis.

Untuk mencegah mengalami gangguan sistem autoimun itu, yang perlu diingat adalah juga melakukan olahraga secara rutin, istirahat cukup hingga pemenuhan kebutuhan gizi tercukupi. Sebab kondisinya ini dipengaruhi dari produk insulin sehingga gula menumpuk di tubuh.

Berikutnya adalah untuk mengetahui dan mencegah penyakit ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan rutin melakukan medial check up secara rutin untuk mendeteksi dini gula dalam tubuh kita. Sehingga akan lebih cepat mendapat penanganan. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Lantik Pengurus Ranting NU Desa Bageng, Ketua PCNU Pati Harap Ada Percepatan Program
Next post Penyakit DM Banyak di Pati, Dewan Minta Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat
Social profiles