Ketua DPRD Dorong BPBD Waspadai Bencana Banjir

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati seakan baru rehat sejenak menangani masalah bencana kekeringan sebagai imbas dari kemarau panjang. Kini harus siap mewaspadai bencana banjir saat musim penghujan.

Bencana kekeringan terjadi di puluhan desa yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan dan ribuan jiwa yang terdampak. Masyarakat kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, lahan tandus, hingga tak bisa ditanami.

Di sisi lain, saat musim hujan datang bencana banjir terjadi di Kabupaten Pati. Keduanya sudah menjadi bencana tahunan. Sehingga hal ini harus diwaspadai Pemerintah Daerah.

Merespon hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Ali Badrudin berharap tidak terjadi banjir besar seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kaitannya dengan menjelang musim penghujan kita mendorong Pemerintah Daerah selalu waspada terutama kepada BPBD. Pati kan bencana langganan ada dua, kekeringan sama banjir. Mudah-mudahan banjir hanya sedikit tidak seperti tahun lalu,” ucap Ali dalam rekaman yang ditulis, Selasa (28/11/2023).

Lebih lanjut, dia berharap pemerintah daerah melakui OPD terkait baik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga bagian perencanaan mempunyai langkah jangka panjang mengatasi persoalan bencana.

“Harapannya pemerintah selalu waspada dan tanggap bagaimana perencanaan jangka panjang baik bagaimana mengatasi kekeringan dan bagaimana mengatasi banjir,” ujar Ali. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Yakin Kedaulatan Pangan Terwujud, Asalkan…
Next post DPRD Usulkan Prakarsa Raperda Perlindungan Petani
Social profiles