Jelang Musim Hujan, Diminta Sungai Bersih dari Sampah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Meski saat ini belum memasuki musim hujan, namun kondisi sungai harus bersih dari sampah-sampah. Pasalnya jika terdapat tumpukan sampah, maka akan menghambat aliran sungai.

Apalagi ketika musim hujan datang, resiko yang harus diperhatikan adalah masalah banjir. Oleh karena itu, aliran sungai diminta agar bersih dari adanya sampah yang dibuang oleh oknum tak bertanggung jawab.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Sukarno menyatakan sampah bisa mempengaruhi aliran sungai dan memicu terjadinya pendangkalan. Ia meminta agar ini ditangani dengan baik oleh pemangku kebijakan.

“Persoalan ini perlu penanganan yang baik. Sehingga nantinya tidak menimbulkan pendangkalan sungai, menghambat aliran air dan menurunkan kualitas air sungai, jadi ekosistem tercemar,” ungkapnya.

Menurutnya, isu lingkungan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Melainkan semua lapisan masyarakat mempunyai tanggung jawab sama untuk menjaga lingkungan. Karena yang merasakan adalah masyarakat.

Lebih lanjut, hal tersebut juga perlu sosialisasi intens tentang kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Jadi, kolaborasi mulai masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, pemerhati lingkungan, stakeholder terkecil lingkup desa hingga dinas terkait yang membidangi harus ada kolaborasi di dalamnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Taman Hutan Kota Terbakar, Petugas Temukan Ular Terpanggang
Next post Pemkab Diminta Terus Pantau Stabilitas Pangan
Social profiles