Hampir Sebulan Status Darurat Bencana Kekeringan, Bansos Beras Belum juga Tersalur

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hampir sebulan status tanggap darurat bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Pati, namun rencana penyaluran bantuan sosial berupa beras hingga saat ini belum juga tersalurkan.

Wacana pembagian bansos pangan bagi masyarakat terdampak kekeringan itu muncul usai pemerintah setempat bersama dengan Forkopimda dan OPD menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan sejak 3 Oktober 2023.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro menyatakan pihaknya masih akan melakukan pengecekan beras sebelum disalurkan.

“Semoga dapat segera kita realisasikan. Tapi itu masih kita cek lagi, kita pantau lagi pastinya,” kata Henggar usai menghadiahkan rapat paripurna di kantor DPRD Pati, kemarin.

Belum jelasnya kapan penyaluran bansos beras dengan tujuan untuk ketahanan pangan ini, bahkan Henggar juga belum tahu pasti soal rencana berapa banyak yang akan disalurkan.

“Kemarin sudah kita siapkan sekitar 63 ton. Dan soal rencana penyaluran 70 ton itu belum. Itu kan ada ketentuannya banyak to,” ungkap Henggar.

“Ini belum ada kepastian berapa (yang disalurkan), akan kita pastikan dulu. Dan targetnya semua tersalurkan. Penyaluran belum, semoga bisa segera,” tambah dia.

Sebelumnya Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) mengisyaratkan akhir Oktober bansos tersebut akan disalurkan. Karena dinas sudah mengajukan permohonan penyaluran kepada pimpinan daerah.

“Rencana penyaluran bansos pangan untuk kekeringan belum, masih diusulkan penyaluran. Surat permohon sudah naik ke pak Pj, semoga akhir Oktober bisa cair,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi.

Menurutnya, Bansos beras ini baru bisa didistribusikan ketika sudah ada surat dari pemerintah daerah.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post DPUTR Rencanakan Normalisasi Satu Sungai di Sisa Tahun Anggaran 2023
Next post Pabrik Pengolahan Marning di Wedarijaksa Terbakar
Social profiles