DPUTR Rencanakan Normalisasi Satu Sungai di Sisa Tahun Anggaran 2023

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di sisa tahun anggaran 2023 atau tak lebih dari dua bulan ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati merencanakan bakal melakukan normalisasi satu sungai. Minimnya anggaran APBD perubahan yang tersedia, terpaksa hanya mengerjakan normalisasi sungai di satu lokasi.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) pada DPUTR Kabupaten Pati, Sudarno menyebut lokasi yang akan dinormalisasi itu adalah sungai di wilayah Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti.

“Di (APBD) perubahan anggaran tahun ini kami bidang SDA hanya melakukan normalisasi satu sungai di Desa Kembang,” ujar Sudarno di kantornya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan anggaran untuk normalisasi sungai di Desa Kembang itu kurang lebih sebesar Rp 150 juta. Rencana panjang pengerjaan sungai sekitar 1 kilometer.

“Normalisasi ini untuk memperbaiki serta mengembalikan fungsi sungai. Sehingga diharapkan mampu menampung lebih banyak debit air ya. Ketika hujan lebat nantinya di daerah sana, air yang di sungai tidak ke jalan dan menggenangi kawasan itu,” terangnya.

Bahkan saking terbatasnya anggaran, kata dia pengerjaan normalisasi itu pun merupakan pindahan kegiatan pada anggaran APBD murni sebelumnya yang karena alasan tertentu akhirnya belum bisa dikerjakan.

Kendati begitu pihaknya tak menampilk ketika musim hujan datang pendangkalan sungai ini menjadi faktor pemicu terjadinya bencana banjir.

Tetapi, normalisasi itu baiknya dilakukan secara menyeluruh di wilayah Kabupaten Pati yang notabenenya telah mengalami pendangkalan sedimentasi tinggi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Henggar Sebut 90 Persen Lahan Pertanian di Pati Terdampak Kekeringan
Next post Hampir Sebulan Status Darurat Bencana Kekeringan, Bansos Beras Belum juga Tersalur
Social profiles