Diminta Perbaiki Gorong-gorong Antisipasi Masalah Banjir

SAMIN-NEWS.com, PATI – Berkaca pada tahun sebelumnya musim hujan datang, muncul persoalan bencana banjir. Ini disebabkan karena faktor cuaca ekstrim, hujan tinggi, pendangkalan sungai hingga masalah drainase.

Terlebih lagi berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim hujan akan datang pada awal Desember. Sehingga pemeliharaan gorong-gorong penting dilakukan untuk mengantisipasi persoalan banjir.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno meminta Pemerintah Daerah dari OPD terkait melakukan upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim penghujan.

“Diminta pemerintah melalui DPUTR untuk melakukan pemeliharaan gorong-gorong sebagai langkah untuk mengantisipasi banjir seperti tahun-tahun sebelumnya,” pinta Sukarno soal penanganan persoalan banjir tahunan di Pati.

Lebih lanjut, kata dia pemeliharaan gorong-gorong di jalan milik pemerintah daerah ini tujuannya supaya menghindari banjir yang lebih besar. Kendati tak bisa dihindari, namun setidaknya tidak sampai meluap ke area permukiman warga dalam skala besar.

Di samping itu, dia menekankan banjir merupakan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Melainkan semua masyarakat harus ikut aktif secara sadar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai yang akhirnya menyebabkan aliran air tersendat.

“Jangan buang sampah sembarangan, jangan dibuang ke sungai. Hujan mulai mengguyur wilayah Pati, jadi perlu ada kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah,” tandasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Masih Kekurangan, Pemkab Diminta Tambah Alokasi Pupuk Subsidi
Next post Dewan Yakin Kedaulatan Pangan Terwujud, Asalkan…
Social profiles