APBD 2024 Disepakati, Fokus Perbaikan Infrastruktur hingga Penanganan Kemiskinan Ekstrim

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 pada paripurna yang digelar kemarin.

Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin mengatakan APBD Kabupaten Pati tahun 2024 disepakati sebesar Rp 2,786 triliun sekian. Anggaran sebesar itu nantinya yang paling menonjol adalah digunakan untuk pembiayaan kegiatan pembangun infrastruktur.

“Yang paling menonjol itu tentu untuk infrastruktur, penanganan kemiskinan ekstrim melalui beberapa OPD, kemudian penanggulangan inflasi di 2024 sebagai antisipasi pemerintah daerah kabupaten pati,” kata Ali usai memimpin rapat di hadapan awak media.

Pembahasan APBD 2024, masih kata Ali mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Semuanya sudah diatur, baik mengenai ketentuan petunjuk pelaksanaan dan petuntuk teknis. Masing-masing OPD selaku pengguna anggaran telah mempedomani Permendagri tersebut.

“Tentunya membahas APBD kita mengacu pada Permendagri 15 tahun 2023, sudah ada juklak dan sudah ada juknisnya, kita hanya mengikuti saja,” ungkapnya.

Menurutnya, meskipun tak disebutkan berapa banyak namun tahun 2024 diakui ada defisit anggaran. Kendati demikian, ia mengungkapkan defisit tersebut bisa tertutup oleh Silpa tahun 2023. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post DPRD Usulkan Prakarsa Raperda Perlindungan Petani
Next post Ketua DPRD Ali Ungkap Perkembangan Revisi Perbup 55
Social profiles