Anggota Dewan Bandang Sebut Pimpinan Daerah Tak Mampu Tangani Kemacetan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kinerja Pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati yang dipimpin seorang Penjabat tidak mampu menangani persoalan kemacetan di daerah mendapat sorotan anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Teguh Bandang Waluyo.

Dirinya menyebut Pati yang sekarang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Henggar Budi Anggoro tak mampu berbuat banyak terhadap kemacetan di Jalan Pantura Juwana Rembang. Perbaikan jalan di Batangan berimbas pada menumpuknya kendaraan bahkan kemacetan terjadi belasan kilometer.

Menurutnya, Pj Bupati Pati yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah seyogyanya mampu memberi alternatif mengenai persoalan ini. Kendati jalan Pantura bukan kewenangan provinsi, namun seharusnya bisa dilakukan melalui komunikasi dan koordinasi kepada Pemerintah Pusat.

“Dan yang paling parah itu hari ini dicatat adalah macet berkilo-kilo. Dia itu Pj sekaligus Dinas Perhubungan provinsi,” ujar Bandang dalam rekaman yang ditulis Sabtu (18/11/2023).

Sehingga dengan kewenangannya sebagai kepala Perhubungan di Provinsi Jawa Tengah ini mampu mengurai kemacetan yang ada di Jateng termasuk yang kini tengah terjadi antara Pati-Rembang.

“Sebelum masuk ke kemacetan harusnya (kendaraan) yang masuk Demak disaring dong, misalnya yang mau ke Surabaya belok kanan lewat Grobogan. Dia itu mampu kok ngatur Demak, Grobogan, Jepara dan ngatur Kudus. Karena dia Kepala Dinas Perhubungan Provinsi,” sambung dia.

Lebih lanjut, kata dia tidak hanya memberikan alternatif kepada kendaraan truk-truk besar lewat jalur lain. Seharusnya, berdasarkan catatan di Kabupaten Pati sebelumnya juga pernah mengalaminya kemacetan parah yaitu ketika pembangunan jembatan Juwana. Sehingga, hal itu harus dijadikan pengalaman dengan mengambil ancang-ancang strategi.

“Sebelum terjadi kemacetan, dia sudah memperhitungkan dong. Wong ini tidak terjadi sekali dua kali. Dulu ketika dibongkar jembatan (Juwana) berarti sudah pengalaman dong,” tandas dia. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Jadi Pusat Perhatian Warga, Bawaslu Grobogan Copot APK PDIP
Next post Dewan Sebut Sopir Nangis Operasional Bengkak Imbas Kemacetan di Pati-Rembang
Social profiles