Warga Rogomulyo Semringah Terima Sertifikat Program PTSL

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan warga Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati tampak semringah. Sertifikat tanah melalui program Pendaftarannya Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL milik warga yang sebelumnya diajukan kini sudah resmi jadi dan dibagikan kepada setiap penerima.

Sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pati itu pun dibagi secara langsung kepada masyarakat di Aula Balai Desa Rogomulyo, Kamis (26/10/2023) siang.

Kholistiono mengaku bersyukur pengajuan program PTSL kini sudah jadi. Menurutnya program pemerintah ini sangat membantu masyarakat untuk mengurus tanah secara legal.

“Alhamdulillah ada program PTSL, sebelumnya kami mengajukan 3 petak bidang tanah. Ini jelas membantu warga. Dari pada ngurus mandiri menghabiskan biaya yang lumayan,” terangnya di sela-sela pembagian.

PTSL merupakan program serentak yang dilaksanakan secara nasional untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat.

Sementara Kepala Desa Rogomulyo, Suyikno, menyatakan secara keseluruhan program PTSL yang akan dibagikan kepada warganya sebanyak 990 bidang. Namun, kali ini baru terealisasi sekitar 600- bidang tanah.

“Dengan program ini dapat membantu pengurusan pembuatan surat tanah, memberikan kejelasan hak tanah warga. Tentu ini mengantisipasi dan menghindari adanya konflik batas tanah antar sesama warga,” katanya.

Kepala Desa Rogomulyo, Kayen menyerahkan sertifikat tanah program PTSL simbolis, Kamis (26/10/2023)

“Kali ini kita Pemdes Rogomulyo menyerahkan sertifikat tanah gratis melalui program PTSL kepada 600 lebih warga. Sementara targetnya total keseluruhan dari BPN yang akan dibagikan sebanyak 990 bidang. Sisanya akan disalurkan bulan November,” tambah Suyikno.

Dirinya berharap, di samping ini merupakan dukungan terhadap program Presiden Joko Widodo yaitu PTSL. Di samping itu ia berharap bidang tanah di wilayahnya mempunyai sertifikat tanah resmi dari pemerintah semuanya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Rumah Produksi Keripik Tempe di Margorejo Hangus Dilalap si Jago Merah
Next post Ratusan Polisi di Grobogan Diuji Kemampuan Beladiri Guna Kenaikan Pangkatnya
Social profiles