Puluhan Sepeda Motor Plat Merah Terbengkalai di BPP Pati, Ini Penjelasan Dispertan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Puluhan sepeda motor berplat merah di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Plangitan, Kecamatan Pati Kota kondisinya rusak parah dan terbengkalai.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Niken Tri Meiningrum mengatakan bahwa sepeda motor tersebut merupakan milik pemerintah pusat. Akan tetapi karena rusak berat akhirnya dititipkan di sebelah kantor BPP.

“Motor-motor ini milik pempus, yang lelang pun pusat. Kami gak punya kewenangan, kami hanya melaporkan kondisi barangnya, barangnya masih ada, kondisinya rusak berat, sedang atau ringan,” ucap Niken, kemarin.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, ada puluhan sepeda motor rusak berat dan beberapa berkarat. Sepeda motor berbagai merk mulai RX King, Fiz R, dan lainnya.

Kendati demikian pihaknya tidak mengetahui pasti jumlah aset pempus tersebut. “Jumlahnya gak hafal. Tapi unitnya udah tua, ada yang sebelum tahun 2000 lebih dari 20 tahun jadi sudah tidak layak pakai,” ungkap dia.

Pihaknya mengaku prihatin sepeda motor dinas ini mangkrak tak terawat. Meski begitu daerah, kata dia tidak mempunyai kuasa mengelola kendaraan roda dua lantaran bukan kewenangannya.

“Kondisinya memang rusak berat, akan tetapi ada rencana mau dilelang pusat,” Niken menjelaskan.

Selain itu, dia juga mengungkapkan selain sepeda motor, terdapat beberapa alat pertanian yang berada di BPP. Hanya saja dia mengelak perihal aset itu mangkrak. “ini brigade milik Pemprov, tidak terbengkalai namanya brigade siapa yang membutuhkan itu bisa dipinjam kelompok tani. Misalnya pas panen raya silahkan pinjam alat ini, gratis,” pungkas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ratusan Penyandang Disabilitas di Pati dapat Bansos, Rp 1,5 Juta per Penerima Manfaat
Next post Densus 88 Anti Terror Datangi Kantor KONI Grobogan, Atlet Tak Terlibat Jaringan Terorisme
Social profiles