Pemkab Pati Dapat Hibah Rp 19 M untuk Pilkada 2024

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mendapat hibah Rp 19,2 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Anggaran itu dimaksudkan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati tahun 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro mengatakan belasan miliar dana hibah dari Pemprov Jateng itu akan diperuntukkan bagi kedua lembaga penyelenggara pemilu di daerah, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Pemkab Pati mendapat dana hibah dari Pemprov Jateng sebesar Rp 19,2 miliar untuk pelaksanaan Pilkada. Rinciannya Bawaslu Rp 3 miliar, sementara KPU Rp 16,2 miliar,” ungkap Henggar saat rapat paripurna di kantor DPRD Pati, kemarin.

Dana hibah Pemprov Jateng ini sifatnya merupakan bantuan. Karena dalam pelaksanaan Pilkada, Henggar menyebut masih ada kekurangan. APBD Kabupaten Pati pun masih terbebani kekurangan anggaran sejumlah Rp 12,8 miliar.

Pihaknya menjelaskan Pemkab Pati akan memenuhi kekurangan itu, sehingga bisa menutupi anggaran yang dibutuhkan nanti ke depan. Untuk menutupi kekurangan ini, akan dilakukan pergeseran anggaran yang diperlukan.

Henggar mengungkapkan pergeseran ini dari penyertaan modal untuk Bank Jateng sebesar Rp 3 miliar serta efisiensi belanja daerah sebesar Rp 9,8 miliar.

“Pergeseran anggaran ini telah dilakukan pencermatan dengan berpedoman terhadap peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Selain itu juga telah mendapat persetujuan dari Pj Gubernur Jawa Tengah,” jelasnya.

Persetujuan itu berdasar evaluasi Gubernur Jawa Tengah serta beberapa rekomendasi yang harus ditindaklanjuti dan disempurnakan.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post BPJS Kesehatan KC Pati: Rencana Penghapusan Kelas Ikut Regulasi
Next post Pimpin Rapat Musrenbangdes, Kades Rencanakan Pembangunan Desa
Social profiles