Kemiskinan Ekstrim di Pati Capai 10 Ribu Lebih

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wajah kemiskinan masih menyeliputi wajah di Kabupaten Pati. Pasalnya jumlah kemiskinan ekstrim di daerah cukup tinggi.

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada bulan Oktober tahun 2023 angka kemiskinan ekstrim di Bumi Mina Tani yaitu sebanyak 10.247 jiwa.

Kepala Bappeda Kabupaten Pati, Muhtar mengatakan dari 10 ribu lebih kemiskinan ekstrim ini telah dilakukan verifikasi dan validasi (Verval) upaya penanganan. Adapun hasilnya setengah lebih sudah diverval.

“Telah dilakukan verval hampir 70 persen dari jumlah populasi warga miskin ekstrim di Pati,” terang Muhtar dalam laporan Rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional Kegiatan Triwulan III Tahun 2023, di Ruang Pragolo Setda Pati, Kamis (19/10/2023).

Artinya masih terdapat 30 persen lagi yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah Kabupaten Pati untuk dilakukan penyikapan.

Berbagai upaya diambil untuk mengentaskan kemiskinan. Di antaranya adalah pendampingan kepada yang bersangkutan melalui sejumlah bantuan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Menurut Muhtar, hasil intervensi Verval di mana bagi masyarakat yang rumahnya tidak layak, maka direhab oleh pemerintah. Selanjutnya, semisal belum punya sanitasi, kemudian ditindaklanjuti dengan dibuatkan akses air minum yang layak.

Kendati demikian, upaya pengentasan kemiskinan ekstrim di daerah hasilnya cukup signifikan. Karena, ia mengklaim kemiskinan ekstrim turun hampir 50 persen. Oleh karenanya, program intervensi akan terus digalakkan.

“Meskipun belum mentas 100 persen, tapi turun cukup signifikan 50 persen dari sebelumnya,” terang Muhtar sambil akan terus melaporkan perkembangan intervensi kemiskinan ekstrim kepada pimpinan daerah.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Menjelang Pemilu, Bawaslu Grobogan Sosialisasi Peraturan Bawaslu dan Produk non Perbawaslu
Next post Pekerja Transportasi Diajak Wujudkan Pemilu Grobogan Ayem Tentrem
Social profiles