Forkopimcam Jaken Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

SAMIN-NEWS.com, PATI – Forkopimcam Jaken menggelar upacara Hari Santri Nasional di lapangan Desa Sumberejo, Minggu (22/10/2023). Dalam acara ini turut dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Jaken, Ulama, Tokoh Masyarakat, dan para santri- santriwati.

Hari Santri Nasional atau HSN diperingati tiap tahun. Sedangkan tema peringatan Hari Santri tahun ini adalah “Jihad Santri, Jayakan Negeri”. Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Dan menekankan pentingnya peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan yang menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

Upacara peringatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan penghormatan kepada bendera merah putih dengan penuh khidmat.

Camat Jaken, Ahmada Mangku Negara mendukung penuh terhadap peringatan ini yang berlangsung dengan begitu khidmat dan penuh semangat. Menurutnya Hari Santri adalah sebuah momen berharga yang mengingatkan kita semua akan peran penting santri dalam memajukan pendidikan, budaya, dan spiritualitas di Indonesia.

“Saya yakin, santri merupakan pilar utama dalam pembentukan karakter dan moral generasi muda bangsa. Peran mereka dalam menjaga nilai-nilai keagamaan, kebersamaan, dan perdamaian sangat penting,” kata camat.

Hari Santri Nasional, lanjutnya adalah waktu yang tepat untuk mengenang perjuangan santri di masa lalu. Sekaligus bangga kepada santri atas peran penting mereka semangat jihad dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ahmada juga menekankan pentingnya pendidikan agama dan peran santri dalam menjaga keberagaman dan kerukunan di masyarakat. Pasalnya santri bukan hanya sekadar pelajar agama, tetapi mereka juga turut berperan dalam memberikan nilai positif kepada masyarakat luas.

“Dengan kegiatan ini, mari kita berkomitmen bersama untuk terus menjaga toleransi, kerukunan, dan semangat berbagi di antara kita. Semoga peringatan ini menjadi pengingat bahwa semangat persatuan dan kebersamaan adalah kunci kejayaan bangsa kita,” pungkasnya.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Relawan Ganjar Grobogan Gelar Deklarasi dan Peresmian Posko Pemenangan
Next post Upacara Hari Santri di Gubug Grobogan, Santri Atraksi Makan Neon
Social profiles