Dukung UHC, Dinsos Ajukan Data Serentak ke Kementerian

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) mengundang semua desa se Kabupaten Pati. Ini dilakukan guna mendukung upaya tercapainya Universal Health Coverage (UHC).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tri Haryumi mengatakan bahwa Dinas Sosial mengumpulkan semua operator SIKS-NG se-Kabupaten Pati selama dua hari pada Rabu sampai Kamis, kemarin.

“Operator SIKS-NG kita kumpulkan untuk membantu UHC. Sehingga pengusulan PBI JK (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan) dan BBL (Bayi Baru Lahir) bisa diajukan serentak ke Pusdatin (Kementerian Sosial),” kata Tri.

Pengumpulan operator desa tersebut, diharapkan hal ini mendorong desa proaktif agar segera mendaftarkan warganya yang kurang mampu masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lebih lanjut, dirinya mengemukakan bahwa UHC merupakan suatu istilah guna menyebut ketercakupan masyarakat terkait kepesertaan layanan jaminan kesehatan. Layanan kesehatan itu bisa dikelompokkan mandiri atau pun ditanggung oleh pemerintah.

“Nuwunsewu itu BPJS mas, bisa mandiri, tenaga kerja, subsidi masyarakat dengan PBI JK atau APBD. UHC itu sebutan atau istilah cakupan masyarakat terkait kepesertaan layanan jaminan kesehatan,” terang dia.

Sebelumnya, Kepala BPJS Kesehatan KC Pati, Wahyu Giyanto mengatakan UHC ditujukan untuk meningkatkan pelayanan serta memberi kemudahan akses pelayanan kesehatan masyarakat yang memadai tanpa ada diskriminasi.

“UHC itu diharapkan tidak ada kesulitan akses pelayanan kesehatan ketika sakit. Selain mempermudah pelayanan kesehatan, juga tidak ada diskriminasi kepada masyarakat apalagi mengenai akses pelayanan kesehatan,” ungkap dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ali Badruddin Gelar Konsolidasi Pemantapan Pileg 2024
Next post Pemerintah Ungkap Alasan Tetapkan Status Tanggap Darurat Tak Dari Awal
Social profiles