Dapat Bus Keliling, Layanan Perpanjangan SIM Bakal Sasar Desa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satlantas Polresta Pati baru saja mendapat satu bus operasional dari Polda Jawa Tengah pada awal tahun 2023. Bus tersebut digunakan untuk operasional perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang menyasar ke desa.

“Bus ini nantinya bakal dimanfaatkan untuk pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah pedesaan yang jauh dari pusat Kota Pati,” kata Baur SIM Satpas Polresta Pati, Bripka Hery Prayitno, Rabu (4/10/2023).

Seperti diketahui, wilayah Kabupaten Pati yang sangat luas membuat banyak masyarakat memerlukan waktu lama untuk menuju ke Kantor Satpas untuk pengurusan SIM. Sehingga dengan adanya bus operasional ini, diharapkan masyarakat Pati dapat semakin mudah dan dekat jika ingin memperpanjang SIM.

Untuk saat ini, lanjut Hery, barang-barang pendukung pelayanan perpanjangan SIM seperti modem dan fasilitas elektronik baru saja diberikan oleh Polda Jateng. Diharapkan, operasinya dapat dimulai pada akhir tahun 2023 ini.

“Kami akan datang melayani masyarakat dengan mobil operasional. Rencana akhir tahun ini bus keliling satlantas Polresta Pati akan melayani masyarakat sampai ke pelosok-pelosok daerah. Karena baru saja kita terima modem bus kelilingnya,” jelasnya.

Dikatakan oleh Hery bahwa Polresta Pati merupakan salah satu dari tiga wilayah yang mendapatkan bus operasional ini, selain Polres Banyumas dan Polrestabes Semarang. Menurutnya, pemberian ini cukup spesial lantaran tidak semua wilayah mendapatkan bantuan.

Nantinya, pihaknya bakal standby di kantor kecamatan yang lokasinya jauh dari pusat Kota Pati. Kerjasama dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa diharapkan dapat mensosialisasikan terobosan baru ini agar diketahui khalayak ramai. Namun sayang, pelayanan perpanjangan SIM ini nanti hanya akan melayani SIM A dan SIM C.

“Itu merupakan bantuan dari Korlantas Polri. Sasarannya desa yang jauh dari Satpas untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan perpanjang SIM A dan SIM C,” tutup Hery.

Hery juga tak memungkiri bahwa pelayanan perpanjangan SIM sering dikeluhkan masyarakat Pati. Sehingga dengan adanya bus operasional ini nantinya dapat mempermudah dan meningkatkan kepuasan terhadap masyarakat.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Enam OPD di Kabupaten Pati Diisi Plt, Mana Saja Itu
Next post Salurkan Air Bersih ke Warga Kekeringan, Humas Polres Grobogan Kolaborasi dengan Wartawan
Social profiles