Polres Jepara Resmi Menggelar Operasi Zebra Candi 2023, Catat ini Tanggalnya?

Para anggota sedang mengikuti apel.

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Operasi dengan mengusung tema Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 ini, berlangsung selama 14 hari atau dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Mapolres Jepara yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dan didampingi oleh Wakapolres Jepara Kompol Berry serta Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto.

Saat dikonfirmasi setelah pelaksanaan apel, Kompol Berry yang mewakili Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, bahwa operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltib menjelang pergelaran Operasi Mantap Brata 2023, sampai dengan 2024.

Dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

Dan peran serta seluruh instansi terkait, forum komunikasi lalu lintas secara terpadu, bersinergi untuk mengatasi Hambatan, dan permasalahan, yang ada di lapangan sehingga situasi lalu lintas tetap kondusif dan terjaga di tahun politik ini.

“Perlu saya tekankan kembali kepada seluruh jajaran pelaksanaan Operasi Zebra, jaga sikap dan nama baik institusi Polri,” ujarnya.

“Sehingga tidak mencederai tujuan dari operasi ini secara normatif prosedural dan menjunjung tinggi etika kepolisian,” ucapnya.

Untuk beberapa macam target atau sasaran, yaitu pengendara yang menggunakan ponsel, pengendara yang masih di bawah umur, pengendara roda dua yang lebih berboncengan dari satu, pengendara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara motor dalam pengaruh alkohol, pengendara lawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Ia juga menjelaskan tujuan utama dari Operasi Zebra Candi ini adalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Operasi Zebra Candi Polres Jepara ini, kita tidak memfokuskan penegakan hukum, namun penegakan hukum akan dilakukan bila sangat terpaksa, selebihnya kita lakukan peneguran, preemtif dan preventif,” tuturnya.

Selain untuk menciptakan kamseltibcarlantas,Operasi Zebra Candi ini juga dalam rangka persiapan Pemilu 2024 mendatang.

Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Candi tersebut, berharap masyarakat pengguna jalan menjadi lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas.Selain menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan, tentunya juga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto di halaman Mapolres Grobogan pada Senin (4/9/2023) Previous post Awas ! Ada Operasi Zebra Candi Bulan September 2023 di Grobogan, Ini Tanggalnya
Next post Baznas Salurkan Bantuan ke 1.515 Siswa dan Penjaga Sekolah
Social profiles