Peduli Kekeringan, Brimob Pati Salurkan Bantuan Air Siap Konsumsi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satuan Brimob Kompi 4 Batalyon A Pelopor Pati Polda Jateng menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan. Biasanya, bakti sosial berupa penyaluran air bersih. Akan tetapi, kali ini air yang didistribusikan yakni siap minum atau siap dikonsumsi.

Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jateng, AKP Wiwit Aryanto, mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan baksos penyaluran air bersih dan air siap konsumsi disalurkan ke dua lokasi. Di antaranya adalah Desa Degan, Kecamatan Winong dan Desa Tanjungsekar Kecamatan Pucakwangi.

“Baksos kami laksanakan sebagai bentuk kepedulian Brimob kepada masyarakat tentang bencana kekeringan yang selama ini terjadi,” kata dia di sela kegiatan, Selasa (19/9/2023).

Dirinya menyinggung bahwa air layak konsumsi itu sebelumnya diolah terlebih dahulu di dalam mobil Water Treatment, yakni sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan fasilitas pengolah air hingga layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Fungsi dan peran daripada Water Treatment ini untuk mengolah air yang belum layak konsumsi menjadi air yang siap dikonfirmasi. Air diproses 30 menit di dalam mesin sebelum dikonsumsi. Jadi ini aman untuk dikonsumsi masyarakat,” tambah Iptu Suwarto, Pasilog Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng yang juga di lokasi.

Bakti sosial yang dilakukan oleh Brimob ini total bantuan yang disalurkan yaitu total bantuan air bersih 47.000 liter. Terdiri dari air siap konsumsi 4000 liter, kemudian dari 4 mobil tangki, serta 2 mobil water treatment.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Pati mulai merasakan dampak kekeringan. Salah satunya adalah Kecamatan Pucakwangi.

Warga Dukuh Pengilon, Tanjungsekar Pucakwangi tengah mengisi galon

Warga mengandalkan bantuan air bersih yang datang untuk dikonsumsi. Pasalnya, warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Sedangkan, warga setempat sangat berterimakasih kepada jajaran Satbrimob yang telah menyalurkan bantuan air bersih.

Pihaknya yang telah minum air dari mobil water treatment itu menyatakan rasanya bersih dan menyegarkan.

“Terima kasih atas bantuan dari bapak Brimob terutama air ber dan air siap konsumsi. (tadi sudah saya minum) kami nyatakan steril bersih dan baik untuk kesehatan. Dan semoga bantuan yang disalurkan ini berkah membawa manfaat bagi warga Tanjungsekar semuanya,” kata Sumari, salah satu warga setempat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Bawaslu Grobogan Gelar Sidang Putusan Dugaan Maladministrasi KPU Grobogan
Next post DPRD Lantik Anggota PAW Gantikan Agus Rofi’i
Social profiles