Menikmati Segarnya Soto Gading Solo, Langganan Presiden dan Pejabat

Suasana pengunjung yang sedang menikmati Soto Gading Solo (sumber akun instagram @sotogadingsolo)

SAMIN-NEWS.com, Jika kalian pecinta kuliner, tidak boleh dilewatkan pengalaman mencicipi hidangan khas dari rakyat ketika berwisata. Di Kota Solo, Jawa Tengah, ada sebuah warung makan yang menawarkan soto ayam yang lezat. Warung ini dikenal sebagai Soto Gading, dan berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

Meskipun bukan tempat makan mewah dengan harga tinggi atau nuansa yang eksklusif, Soto Gading dianggap sebagai hidangan legendaris di Solo, karena tempatnya selalu disambangi oleh Presiden Indonesia dan pejabat-pejabat negara lainnya. Terdapat catatan bahwa Soeharto, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo telah merasakan kenikmatan Soto Gading. Bahkan, Presiden Jokowi merupakan pelanggan setia Soto Gading sejak menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Walaupun Soto Gading ini sudah terkenal dan sering didatangi pejabat, warung ini tetap tidak mau merubah arsitektur bangunannya. Diketahui, sang pemilik ingin mempertahankan tampilan yang sederhana agar tetap menjaga suasana kekeluargaan yang nikmat.

Selain suasana yang nyaman, kelezatan rasa akan memberikan kepuasan sendiri bagi pelanggan. Soto yang disajikan memiliki kuah yang agak kental dengan warna bening yang menggoda. Rasanya gurih dan sedikit berlemak, berasal dari kaldu ayam dengan porsi yang cukup.

Sebagai pendamping soto, pengunjung dapat menikmati berbagai macam hidangan yang tak kalah menggugah selera, seperti tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin, berbagai jeroan, dan lainnya. Untuk minuman, ada teh rasa ginastel (legi/manis, panas, kental) khas Solo yang disajikan dalam gelas rumahan, sangat cocok untuk dinikmati bersama soto.

Tentang harga, para pelanggan tidak perlu khawatir. Meskipun tempat makan yang sering dikunjungi oleh presiden dan pejabat, pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai Rp.8.000. Hidangan pelengkapnya dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp.1.000. Warung Soto Gading buka mulai pukul 05.30 dan tutup pada pukul 15.30 WIB.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Harga Bawang Merah Merosot, Ini Tanggapan Disdagperin
Next post Rumah Warga di Juwana Hangus Terbakar Tiga Damkar Dikerahkan
Social profiles