Es Gempol Pleret, Minuman Tradisional Khas Solo yang Langka

SAMIN-NEWS.com,  Wisata kuliner menjadi daya tarik utama Kota Solo yang tidak boleh dilewatkan. Di sini, pengunjung dapat menemukan beragam hidangan kuliner tradisional yang telah terkenal sejak lama. Salah satu hidangan khas Kota Solo yang patut dicoba adalah es gempol pleret, sebuah minuman tradisional yang cukup langka di kota ini.

Nama “es gempol pleret” merujuk pada komposisinya, terdiri dari gempol dan pleret. Gempol adalah adonan tepung beras yang dibentuk bulat pipih, sementara pleret adalah campuran tepung beras dan gula Jawa yang juga berbentuk pipih. Kedua komponen ini disajikan dalam kuah santan yang lezat dengan tambahan es batu.

Meskipun penjual es gempol pleret semakin langka, pengunjung masih bisa menemukannya di beberapa tempat, salah satunya adalah Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar. Warung ini terletak di Jalan Dr. Wahidin, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, tepat di samping Masjid Tegalsari Solo.

Warung Es Gempol Pak Suhar ini berjualan sejak tahun 1998. Es gempol ini terbilang unik karena dimodifikasi dengan kombinasi dawet sebagai bahan tambahan. Dalam pembuatan gempol, Pak Suhar juga menggunakan bahan berkualitas seperti beras raja lele yang diracik selama tiga jam sebelum disajikan ke pembeli.

Seorang pelanggan Es Gempol Pleret Pak Suhar, Olivia, mengatakan jika es gempol ini mempunyai cita rasa yang enak, segar dan cocok untuk dinikmati di siang hari.

“Rasa es gempolnya enak, isiannya banyak, kuah santannya seger jadinya cocok dinikmati siang hari, apalagi cuaca kota Solo sekarang lumayan panas” Ungkapnya, Senin (18/9/2023)

Bagi pengunjung yang berminat mencoba es gempol pleret Pak Suhar ini bisa datang ke lokasi mulai pukul 11.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk seporsi es gempol pleret ini dibanderol dengan harga relatif terjangkau yakni Rp.8.000. Selain berjualan es gempol pleret, Warung ini juga menjual kuliner lain seperti Mi Thoprak, Sop Matahari, Sop Galantin, dan Sop Ayam Kampung.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Night Market Ngarsopuro, Tempat Wisata Malam Mingguan di Kota Solo
Next post Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, KKN-IKMB kelompok 40 Gelar Workshop Moderasi Beragama
Social profiles