Bawaslu Pati Gandeng Milenial Ajak Awasi Pemilu

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati mengajak para generasi milenial untuk berperan aktif dalam pengawasan partisipatif pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

Ajakan tersebut disampaikan dan diwujudkan dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema Peningkatan Peran Pemuda dalam Mengawal Pemilu dan Pemilihan. Kegiatan itu digelar di Hotel New Merdeka, Jumat (22/9/2023).

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan 75 peserta dari unsur kepemudaan, dari pemantau pemilu dan unsur yang lain seperti sekolah dan kampus yang ada di Kabupaten Pati.

“Tujuannya untuk meningkatkan pengawasan partisipatif (pemuda). Peran pemuda ya mereka bisa melakukan berbagai proses pengawasan partisipatif, termasuk nanti kalau ada hal-hal yang tidak sesuai regulasi. Maka mereka bisa menyampaikan kepada Bawaslu,” kata Supriyanto di sela kegiatan.
Lebih dari itu, Bawaslu menggandeng milenial alasan lainnya adalah Pemilu 2024 mendatang berdasarkan data yang dimilikinya yaitu banyak pemilih dari generasi milenial.

Kendati demikian, Bawaslu Pati, kata dia akan tetap melibatkan unsur lainnya. Karena, pengawasan partisipatif kepemiluan tidak bisa dilaksanakan secara mandiri. Melainkan membutuhkan banyak pihak.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pati, Supriyanto

“Nanti tidak menutup kemungkinan elemen masyarakat lainnya akan kita libatkan untuk pengawasan partisipatif,” jelasnya.

“Kerja pengawasan tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi kami harus menggandeng masyarakat. Tujuannya mendorong pengawasan partisipatif,” sambung Supriyanto.

Menurutnya, dengan keterlibatan berbagai elemen dalam rangka pengawasan partisipatif tersebut, untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Makanya, pengawasan partisipatif dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Gara-gara Obat Nyamuk, Rumah di Kayen Ini Terbakar
Next post Buka Lowongan, Puluhan Peserta Ikuti Tes Masuk Indomaret di Pati
Social profiles