Solo Safari Zoo, Wisata Edukasi Satwa Bagi Keluarga

Solo Safari Zoo

SAMIN-NEWS.com, Solo Safari Zoo merupakan kebun binatang yang baru saja diresmikan pada awal tahun 2023 ini oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. Dulunya, kebun binatang ini bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta. Perubahan ini terjadi karena adanya revitalisasi dari pihak pemkot yang menggandeng pihak swasta yakni taman safari.

Sebagai wisata edukasi terhadap binatang, Solo Safari Zoo mempunyai lebih dari 347 satwa dari 87 spesies satwa endemik Indonesia. Dengan kawasan seluas 13,9 hektar, tak heran jika pihak pengelola akan melakukan revitalisasi jilid 2 dengan menambah spesies satwa hingga beberapa wahana bermain untuk pengunjung.

Solo Safari Zoo berlokasi di Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa dipakai agar bisa sampai ke kebun binatang ini. Salah satunya, bus Batik Solo Trans yang bisa dinaiki dari berbagai halte di Kota Solo. Bagi wisatawan di luar Kota Solo, bisa menaiki bus lintas provinsi dan berhenti tepat di lokasi karena Solo Safari Zoo berada di jalan raya perbatasan Solo-Karanganyar.

Kebun binatang ini menyediakan berbagai fasilitas yang relatif lengkap. Mulai dari tempat ibadah, toilet, resto hingga tempat beristirahat yang disediakan. Untuk anak-anak bisa mencoba spot foto dengan beberapa satwa dan dipersilahkan berinteraksi secara langsung, tentunya dengan standar yang berlaku.

Salah satu pengunjung Solo Safari Zoo, Eka, mengatakan bahwa dirinya cukup puas dengan fasilitas yang dihadirkan oleh pihak pengelola, ia mengaku bisa merasakan perbedaan yang signifikan antara TSTJ dulu hingga sekarang menjadi Solo Safari Zoo.

“Saya pribadi puas dengan fasilitas yang ditawarkan, apalagi saya merasakan perbedaan yang kerasa antara dulu TSTJ dan yang sekarang Solo Safari” imbuhnya.

Selain itu, Solo Safari Zoo juga hal atraktif yang akan memanjakan para pengunjung. Seperti taman pelangi yang menyuguhkan air mancur dengan berbagai warna dari efek water screen yang ditampilkan dengan berbagai macam cerita menarik. Taman pelangi ini hanya bisa dilihat pada malam hari sekitar pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Menurut Cantika, seorang pengunjung Taman pengunjung Solo Safari Zoo, mengatakan jika ia dan anaknya sangat antusias menunggu atraksi taman pelangi.

“Awalnya saya kurang tau taman pelangi itu apa, tapi setelah dapat informasi akhirnya saya dan anak tertarik untuk melihat atraksi itu nanti,” Ungkapnya.

Dengan demikian, Solo Safari Zoo bisa membuktikan jika revitalisasi yang dilakukan bisa kembali menarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Jam operasional Solo Safari Zoo terbagi menjadi dua kategori, untuk hari Senin s/d Jumat kebun binatang ini buka pukul 08.30 – 16.30 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu, tempat ini buka lebih awal yakni pukul 08.00 – 16.30 WIB

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Pedagang saat menyajikan Tengkleng pada Pembeli Previous post Menikmati Sepincuk Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer
Next post Ringankan Beban Janda, Bhayangkari Grobogan Ajak Puluhan Janda Belanja Sembako
Social profiles