Obor Api Abadi Porprov Jateng tiba di Jepara

Salim atlet gulat nasional asal jepara membawa obor.

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Obor Api Abadi Porprov Ke XVI Jawa Tengah tiba di Kota Ukir, Kamis pagi (3/8/2023). Obor atau suluh itu dikirab dari perbatasan Kudus-Jepara menuju Pendopo Kartini, untuk kemudian diinapkan sebelum besok dibawa ke Pati.

Kirab kedatangan obor disambut meriah oleh ribuan warga di sepanjang jalur sampai pendopo kabupaten.

Diawali dengan penyerahan obor dari Asisten I Sekda Kudus, Agus Budi Satriyo ke Pelaksana tugas Asisten II Sekda Jepara, Ary Bachtiar, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Zamroni Lestiaza, beserta jajaran pengurus KONI Jepara. Obor nantinya akan diserahkan kepada Penjabat Bupati Jepara.

Ary berujar seluruh prosesi estafet ini, diharapkan jadi pelecut semangat para atlet dalam menjaga sportivitas, dan demi mengukir prestasi.

“Obor ini jadi penyemangat kita yang tiada padam tiada henti, khusus bagi teman-teman atlet,” tuturnya.

Iring-iringan kendaraan pembawa Obor Porprov bergerak sampai Monumen Tiga Wanita Pejuang Jepara, Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan. Di sini, rombongan konvoi semakin bertambah.

Sebelum melintasi ke Jalan Pemuda, Kecamatan Jepara, suluh api abadi ini terlebih dulu diestafetkan kepada salah satu legenda atlet gulat nasional asal Kabupaten Jepara, yakni Salim (69).

Salim menerima estafet obor itu bersama atlet-atlet legendaris lain, di antaranya Mustaqim atlet timnas sepakat takraw. Lalu, Anjar Jambore Widodo yang merupakan legenda milik Persijap, serta Suko atlet Takraw. Tampak juga Ali Hidayat dan Khusnanto sebagai atlet peraih medali pada PON Ke-XII.

Selanjutnya, obor diberikan kepada Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Kemudian Obor Porprov Jateng ditaruh di tempat penyimpanan obor api abadi selama satu malam untuk diinapkan. Keesokan hari, akan diestafetkan ke Kabupaten Pati. “Selama di sini, saya minta api ini dijaga agar tidak padam,” ujarnya.

Pertandingan Porprov akan digelar tanggal 5 sampai 11 Agustus nanti di Pati Raya. Sementara Kabupaten Jepara dipercaya menjadi tuan rumah untuk menggelar 11 cabang olahraga (Cabor) di 14 arena pertandingan.(CH/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post E-Koran Samin News Edisi 2 Agustus 2023
Suasana penyelesaian restorative justice dalam kasus Penganiayaan di Mapolsek Penawangan, Grobogan pada Kamis (3/8/2023) Next post Warga Desa Sedadi Grobogan Dianiaya Saat Berjoged di Hajatan
Social profiles