Kesal Tak Diaspal, Ibu-ibu di Trangkil Ini Patungan Tambal Jalan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Belasan ibu-ibu patungan untuk menambal jalan di Dukuh Wonokerto RT 07 RW 07, Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Sabtu (12/8/2023) siang. Hal ini buntut kekesalan warga terhadap pemerintah desa (Pemdes) setempat lantaran jalan yang kondisinya rusak ini tak diaspal.

Salah satu warga, SM (50) aksi yang dilakukan dari kalangan ibu-ibu ini agar pemerintah peduli terhadap kerusakan jalan. Dirinya mengaku jika sebelumnya warga telah menyampaikan usulan kepada Pemdes agar kerusakan jalan segera ditangani.

“Kami ingin pemerintah peduli mau mengaspal atau mengecor jalan. Selama ini belum dibangun. Warga sudah sering usul tapi dari desa diiyakan saja,” katanya kepada wartawan.

Sejumlah ibu-ibu di Desa Pasucen, Trangkil, tengah menambal jalan dengan semen, sabtu (12/8/2023)
Sejumlah ibu-ibu di Desa Pasucen, Trangkil, tengah menambal jalan dengan semen, sabtu (12/8/2023)

Bahkan, dia menegaskan kerusakan jalan diperparah dengan adanya dam truk yang melintas mengambil hasil galian C di sebelah desa. Akibatnya saat musim panas seperti ini banyak debu bertebaran.

“Ada ratusan dam truk muatan galian yang melintas membawa tanah. Ini membuat debu bertebaran menganggu pernafasan. Mirisnya lagi saat pagi saat anak-anak ke sekolah dan berangkat kerja itu sering terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Pasucen, Wiwik Hadiyanto membenarkan kendaraan aktivitas tambang berdampak pada kerusakan jalan. Sehingga menurutnya, pihak tambang yang seharusnya harus bertanggung jawab.

“Urusan pihak sana, seharusnya sana memang harus punya kepedulian kepada dampak lingkungan, seperti menyiram agar tidak berdebu,” terangnya.

Sementara disinggung soal tindakan Pemdes, dirinya menyatakan jalan tersebut sudah dianggarkan untuk diperbaiki. “Nantinya akan ada pembangunan 1000 meter. Kemungkinan bulan-bulan ini dieksekusi, sudah dianggarkan dari DD (Dana Desa),” tambah Kades.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Bupati Grobogan Sri Sumarni menerima piala dari ketua KONI Grobogan, setelah kontingen Grobogan meraih juara II diajang Propov Jateng 2023. Previous post Raih Juara II, Kontingen Grobogan Sukses Geser Surakarta di Porprov XVI Pati Raya 2023
PJ Bupati Jepara Edy Supriyatna meninjau lapangan gelora bumi kartini. Next post Pemkab Jepara Perbaiki GBK Usai Digunakan Penutupan Porprov
Social profiles