Keraton Kasunanan Surakarta, Tempat Wisata Sejarah yang Wajib Dikunjungi

Keraton Kasunanan Surakarta @Celotehan Pedia

SAMIN-NEWS.com, Surakarta merupakan sebuah kota yang kaya akan warisan budaya dan sejarah di Indonesia, kota ini menyimpan banyak tempat wisata yang menarik, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Lokasi Keraton Kasunanan Surakarta berada di jalan Kamandungan, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu dari dua kerajaan peninggalan Mataram Islam pada masa lalu. Dulunya, Keraton Kasunanan menjadi pusat Kerajaan Mataram. Namun, karena adanya Perjanjian Giyanti pada tanggal 13 Februari 1775 membuat Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Desain bangunan Keraton ini masih dipertahankan hingga sekarang dengan menggabungkan gaya arsitektur Jawa klasik dengan sedikit pengaruh Eropa, menjadikan paduan yang unik dan elegan hingga sekarang. Pada setiap bangunan terdapat makna filosofis yang ditanamkan oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwono 1 yang merupakan Raja sekaligus arsitek pembangunan Keraton Kasunanan Surakarta.

Sampai saat ini, Keraton Kasunanan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Keraton ini cocok sebagai wisata edukasi karena setiap sisinya banyak mengandung fakta sejarah masa lampau yang bisa menambah wawasan setiap pengunjung.

Museum Keraton Kasunanan menjadi daya tarik utama dari semua ruangan yang ada di dalam Keraton. Pada Museum Keraton Kasunanan terdapat berbagai koleksi bersejarah milik kerajaan mulai dari pakaian raja, kendaraan, perhiasan, senjata, arca hingga pernak pernik. Para pengunjung yang masuk ke dalam museum bisa melihat kekayaan budaya hingga merasakan suasana yang kental akan tradisi Jawa.

Selain Museum Keraton, terdapat lokasi lain yang menarik untuk dikunjungi para pelancong seperti Alun-alun selatan dan Masjid Agung Keraton. Alun-alun selatan berada di kawasan paling belakang atau paling selatan dari Keraton. Alun-alun selatan merupakan sebuah taman yang dikelilingi tembok besar untuk memelihara pusaka kerbau-kerbau albino keturunan kerbau Kyai Slamet. Terdapat juga gerbong kereta jenazah Sri Susuhunan Pakubuwono X yang digunakan menuju ke pemakaman Astana Pajimatan Imogiri. Saat ini, Alun-alun selatan menjadi destinasi wisata permainan anak dan kuliner yang bisa dikunjungi masyarakat pada malam hari.

Selanjutnya terdapat Masjid Agung Keraton. Masjid ini merupakan masjid milik kerajaan yang digunakan sebagai tempat ibadah dan tempat syiar Islam bagi warga kerajaan. Masjid Agung Keraton juga berfungsi untuk mendukung segala keperluan kerajaan yang terkait dengan keagamaan seperti grebeg, sekaten dan maulid nabi.

Keraton Kasunanan Surakarta juga menawarkan berbagai acara kesenian dan budaya jawa seperti wayang kulit, tarian Jawa hingga pertunjukkan alat musik tradisional. Acara kesenian tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan mengajak para wisatawan agar terus melestarikan warisan seni dari para leluhur.

Penulis : Rizky Kusumo Adi
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Kedai makanan Yu REBI tampak dari depan Previous post Sate Kere Yu Rebi, Sate Legendaris yang Terbuat dari Ampas Tahu Langganan Jokowi
Ketua DPRD Pati Ali Badruddin menjawab pertanyaan awak media Next post Ada Perubahan Alat Kelengkapan di DPRD Pati
Social profiles