Kekeringan, Warga Grobogan di Lima Kecamatan Digelontor 80 Ribu Liter Air Bersih

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Untuk membantu mengatasi dampak kekeringan di Kabupaten Grobogan, Polres Grobogan bersama Universitas Ngudi Waluyo Semarang menyalurkan bantuan air bersih.

Melalui program Bantuan Air Mineral Bagi Warga dan Kelangkaan Air Bersih (Binar Kasih), sebanyak 10 mobil tangki bermuatan air bersih yang masing-masing berkapasitas 8 ribu liter disalurkan Polres Grobogan di lima wilayah Polsek jajaran.

Kelima wilayah tersebut, yakni wilayah Polsek Purwodadi, Polsek Toroh, Polsek Geyer, Polsek Penawangan dan Polsek Grobogan.

Selain mobil tangki, Polres Grobogan juga mengerahkan water canon yang biasa dipakai menghalau massa saat aksi unjuk rasa untuk menyalurkan bantuan air bersih.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan yang memimpin langsung penyaluran air bersih di Dusun Ngambilan, Rejosari, Grobogan mengatakan, bantuan air bersih ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak kekeringan di Grobogan.

‘’Total ada 80 ribu liter lebih yang kami salurkankepada warga bersama Universitas Ngudi Waluyo di wilayah Kabupaten Grobogan,’’ kata Kapolres, Minggu (20/8/2023)

Disampaikan AKBP Dedy Anung Kurniawan, 10 mobil tangki dan water canon Polres Grobogan yang bermuatan air bersih tersebut, disalurkan di wilayah Polsek Purwodadi sebanyak 3 mobil tangki, Polsek Toroh 2 mobil tangki, Polsek Geyer 2 mobil tangki, Polsek Penawangan 2 mobil tangki.

Sedangkan di wilayah Polsek Grobogan mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 1 mobil tangki dan mobil water canon Polres Grobogan.

Walaupun belum semua daerah terjangkau, namun Kapolres Grobogan bersyukur karena bantuan air bersih yang dilakukannya bersama Universitas Ngudi Waluyo tersebut dapat membantu mengatasi kekeringan.

“Selama bulan Agustus ini, kita sudah jadwalkan penyaluran bantuan air bersih setiap hari di beberapa wilayah Polsek jajaran,’’ ungkap Kapolres.

Sementara itu, Kepala Desa Rejosari Kecamatan Grobogan Ali Sadikin mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Polres Grobogan beserta jajarannya dan Universitas Ngudi Waluyo Semarang.

Menurutnya, penyaluran air bersih yang dilakukan langsung oleh Kapolres Grobogan di Desanya itu sangat membantu warganya.

‘Ini sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi warga kami yang mengalami kekurangan air bersih pada musim kemarau seperti saat ini,’’ ujar Ali Sadikin.

Ia berharap, bantuan air bersih untuk warga ini dapat terus dilakukan. Bahkan, ia berharap diberikan bantuan air minimal seminggu sekali.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Goyang Asyik Desa Perdopo di Acara Senam Sehat Agustusan
Tradisi sedekah laut di Bendar, Juwana menampilkan sejumlah tontonan Next post Lindungi Seni dan Budaya dengan Perda
Social profiles