Kegiatan Spesial, Materi Pemilu Disisipkan dalam Rapat DWP Kecamatan Jaken

Berlangsung sosialisasi kepemiluan PPK Jaken bersama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jaken, Jumat (25/8/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rapat anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Jaken yang digelar di aula kecamatan setempat pada Jumat  (25/8/2023) pagi terlihat berbeda. Kegiatan yang biasanya pemaparan soal laporan DWP, namun kali ini disisipi materi tentang kepemiluan oleh PPK Jaken.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 peserta terdiri dari anggota DWP, semua instansi di wilayah Jaken, hingga sejumlah tamu undangan.

Momen kali ini menyasar kepada anggota DWP, dengan harapan para istri Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kepolisian, TNI dan semua instansi di lingkungan Kecamatan Jaken akan memahami pentingnya peran aktif dalam pemilihan umum. Dan memahami hak dan kewajiban sebagai pemilih dalam meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang ke TPS pada Rabu, 14 Februari 2024 nanti.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jaken, Jaenuri menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pentingya partisipasi masyarakat dan informasi dalam pemilu.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam proses demokrasi. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang hak dan tanggung jawab sebagai pemilih,” Kata Jaenuri.

Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, di antaranya proses pemilihan umum, tata cara pencoblosan, hak dan kewajiban pemilih, serta pentingnya pemilihan yang cerdas dan berdasarkan informasi yang akurat.

Diadakannya sosialisasi terkait kepemiluan oleh PPK Jaken ini disambut positif oleh peserta. Mereka merasa sangat terbantu dengan penyampaian materi yang relevan dan informatif. Salah satunya adalah Dwi Erna Setyowati. Menurutnya, informasi yang disampaikan membuka wawasan masyarakat.

“Saya merasa lebih siap dalam menghadapi pemilu mendatang. Kegiatan seperti ini seharusnya sering diadakan untuk membuka wawasan kita tentang hak dan tanggung jawab sebagai pemilih,” kata dia.

Di akhir acara ada sesi tanya jawab yakni memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin masih membingungkan terkait proses pemilu. Harapannya, kegiatan kolaboratif ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang esensi pemilihan umum, serta mendorong partisipasi aktif dan cerdas dalam menentukan arah masa depan negara.

Dengan semakin mendekatnya tahapan Pemilu 2024, kerjasama antara PPK Jaken dengan masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak positif, di mana masyarakat yang teredukasi akan mampu mengambil keputusan yang lebih bijak dalam menentukan pemimpin di tingkat lokal maupun nasional.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Balai benih ikan di Pati (Istimewa) Previous post DPRD Pati Minta Balai Benih Ikan Maksimalkan Kinerjanya
Suasana audiensi antara pekerja SP Bergas dengan Disnakertrans Grobogan. Next post Tuntut Hak, Pekerja Grobogan Audiensi dengan Disnakertrans
Social profiles