Disdik Apresiasi IHT bagi Pendidik di SMP Negeri 4 Pati

Foto bersama: Kepala Disdikbud Pati, Kepala dan para guru SMP Negeri 4 Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Winarto menyampaikan perlunya peningkatan kompetensi bagi pendidik. Menurutnya kompetensi pendidik akan menunjang keberhasilan pelaksanaan kurikulum merdeka.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri dan membuka kegiatan In House Training (IHT) di Aula SMP Negeri 4 Pati, Selasa  (8/8/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah bapak ibu guru SMP setempat. Winarto mengapresiasi IHT yang dilaksanakan internal SMP tersebut.

“Kami dari Disdik apresiasi baik program baru maupun lam. karena bapak ibu guru perlu penyegaran, perlu peningkatan kompetensi. Apalagi ini menyangkut kurikulum merdeka,” katanya didampingi Kepala SMP N 4 Pati, Mulyono.

Dia menyatakan kurikulum merdeka harus dipahami serta dikuasai dengan baik. Sebagai contoh, kata dia bahwa bapak ibu guru mendapat amanah untuk membentuk kelas yang bahagia, anak-anak senang. Maka untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan suatu keterampilan.

Winarto juga mengingatkan pendidik penting memiliki kompetensi menggugah kesadaran siswa. Sebab, menurutnya siswa harus secara sadar bahwa harus memahami ilmu yang disampaikan dari guru.

“Sehingga ini menjadi jawaban bapak ibu guru dibekali agar bisa membuat media pembelajaran yang interaktif. Di kelas anak-anak diam karena takut tapi mengikuti dengan senang hati. Dan mengikuti karena kebutuha,” jelasnya.

Di samping itu, Winarto menambahkan program-program yang dilakukan oleh satuan pendidikan harus didasarkan pada konsep perencanaan matang yang mengacu pada by data. Sehingga harapannya akan menghasilkan mutu pembelajaran yang berkuasa.

“Apa yang dilakukan sekolah itu harus berdasar pada perencanaan berbasis data (PBD). Data diambil dari rapot mutu pendidikan yang dilalui dengan Asesmen Nasional itu. Itu muncul apakah literasinya sudah standar atau belum,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Bazar umkm di depan Pendopo Kabupaten Pati Previous post Porprov Diharap Mampu Tumbuhkan Geliat Perekonomian Masyarakat
Next post E-Koran Samin News Edisi 8 Agustus 2023
Social profiles