Bupati Grobogan Sri Sumarni Terima Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menerima penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian di Istana Merdeka

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Bupati Sri Sumarni terima penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian dari Kementerian Pertanian.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni di Istana Wakil Presiden pada Senin 14 Agustus 2023 lalu.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Sunanto mengungkapkan penghargaan itu diberikan atas komitmen pemerintah Kabupaten Grobogan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Sebelumnya kami juga mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya (dari presiden), top 5 OAPSI 2023 atau penghargaan pelayanan publik luar biasa, lalu Abdi Bhakti Tani (inovasi pelayanan publik tingkat kementrian),” jelas Sunanto pada Selasa (15/8/2023).

Adapun, penghargaan Abdi Bhakti Tani akan diserahkan pada 17 Agustus 2023 tepat saat perayaan kemerdekaan.

Banyaknya prestasi yang ditorehkan Kabupaten Grobogan tak lepas dari sumberdaya alam yang mampu dimanfaatkan dengan baik.

Kabupaten Grobogan sendiri memiliki luas lahan baku sawah seluas 83.833 hektar dan merupakan produsen padi, jagung, dan kedelai tertinggi di Jawa Tengah.

“Untuk komoditas strategis tanaman hortikultura, produksi bawang merah 24 ribu ton dan cabai 14 ribu ton,” imbuhnya.

Selain itu, Grobogan juga merupakan penghasil semangka, melon, jambu air, belimbing, dan pisang. Sedangkan untuk komoditas perkebunan, produksi tebu mencapai 5.262 ton gula kristal putih dan tembakau 3.187 ton rajangan kering.

Hasilnya, hasil produksi terus tumbuh hingga 1,8 persen setiap tahunnya. Tahun ini meningkat dari 136 ribu hektar tahun ini 142 hektar.(RR/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin Previous post DPRD Pati Bentuk Pansus Bahas 4 Raperda
Next post Terdampak Iklim El Nino Polres Jepara Pasok Air Bersih ke Daerah yang Kekeringan
Social profiles