120 Lowongan Pekerjaan Dibuka di Acara Job Fair Unisnu

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyatna mengunjungi job fair.

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Sebanyak 33 perusahaan membuka peluang karir bagi pencari kerja lewat pameran bursa kerja (job fair). Seratus lebih lowongan tersedia bagi para pencari kerja. Kesempatan itu berlangsung dua hari mulai tanggal 2 hingga 3 Agustus 2023.

Bursa kerja tersebut bertempat di Gedung MWC NU Kecamatan Tahunan, kompleks Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta hadir secara langsung pada kegiatan ini. Dia menyatakan bahwa bursa kerja tersebut bisa membantu menyerap angkatan kerja. Menurut dia job fair tujuannya adalah mendekatkan pasar kerja dengan para pencari kerja. “Sehingga tingkat pengangguran terbuka dapat kita tekan,” ujarnya di sela kegiatan.

Tingkat pengangguran terbuka di Jepara, dalam dua tahun terakhir tercatat terus mengalami penurunan signifikan. Dari 4,23 persen di tahun 2021, menjadi 4,1 persen di tahun 2022. Kondisi ini jauh lebih rendah dibanding rerata Provinsi Jateng sebesar 5,57 persen, serta nasional 5,86 persen. “Ini juga penting untuk menurunkan angka kemiskinan yang sempat naik akibat pandemi,” kata dia.

Pantauan di lokasi, pelamar kerja yang datang sangat antusias ke pameran ini. Mereka rata-rata merupakan lulusan dari jenjang SMA sampai sarjana. Kegiatan job fair selain menghadirkan kemudahan, mereka pun dapat mengakses secara gratis.

Job fair yang dibuka dua hari di Unisnu tersebut, total keseluruhan lebih dari 3 ribu lowongan dibuka. Nantinya mereka bakal ditempatkan di 33 perusahaan, baik dalam maupun luar daerah. Seperti jasa keuangan, ritel maupun tenaga kerja industri.(CH/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post E-Koran Samin News Edisi 1 Agustus 2023
Next post Polresta Pati Dicurhati Warga soal Pembuatan SIM Mahal
Social profiles