Tahun Ini Ada Program Lagi Seniman Masuk Sekolah

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Paryanto

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tahun 2023 ini akan mengikuti program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Ini merupakan program nasional kerjasama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Dirjen Kebudayaan dengan kabupaten/kota.

Sekretaris Dinas (Sekdin) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, Paryanto menjelaskan bahwa progam ini telah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Tiap tahun Pati selalu mengikuti program nasional ini.

“Sejak 2015 selalu mengikuti kegiatan ini, kecuali tahun 2022 Pati absen. Kerja sama dengan kementerian dalam melaksanakan program GSMS dengan kuota 23 sekolah di tingkat SD dan SMP (se-Pati),” ujarnya yang ditulis, Sabtu (8/7/2023).

Diketahui bahwa para seniman nanti akan masuk dan memberikan pelajaran mengenai seni pertunjukan kepada anak-anak tingkat dasar hingga menengah pertama untuk memerankan lakon kesenian ketoprak atau pun karawitan.

Pihaknya mengaku kini telah melakukan persiapan sebelum pentas. Di antaranya rapat koordinasi dengan para seniman dan kepala sekolah penyelenggara. Termasuk seperti kesiapan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

Lebih lanjut, Paryanto mengatakan program regenerasi kesenian ini nantinya akan dilaksanakan kurang lebih selama 3 – 4 bulan. Dimulai dengan pemberian materi bagi anak-anak, selanjutnya diakhir kegiatan itu akan diadakan pementasan.

“Pelaksanaannya nanti akan dimulai ketika memasuki tahun ajaran baru 2023/2024. Kemungkinan setelah masa orientasi sekolah. Itu nanti mulai tanggal 17 Juli,” paparnya.

GSMS ini diharapkan ke depannya banyak pihak utamanya generasi muda mempunyai minat serta kecintaan terhadap seni. Hal yang lebih adalah membentuk bakat sejak dini.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Pati, Abdul Hamid Previous post Seorang Jemaah Haji Asal Pati Meninggal di Mekkah
Penampakan sampah di sungai Wedarijaksa Next post Banyak Sampah Dibuang ke Sungai: Mayoritas Sampah Rumah Tangga dan Plastik
Social profiles