Seorang Jemaah Haji Asal Pati Meninggal di Mekkah

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Pati, Abdul Hamid

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seorang jemaah haji asal Kabupaten Pati meninggal dunia saat melaksanakan berbagai kegiatan rukun haji. Kabar meninggalnya itu dikatakan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Pati, Abdul Hamid.

“Jemaah haji yang meninggal itu atas nama Husain Muslimin dari Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso. Dia meninggal dunia di rumah sakit Annur Mekah sebelum puncak haji tanggal 8 Dzulhijjah,” kata Hamid yang ditulis, Sabtu (8/7/2023).

Dia menjelaskan sebelum meninggal, si jemaah sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit An Nur Mekkah. Dokter mendiagnosis jemaah meninggal dunia terkena serangan jantung. Sehingga atas kejadian ini harus dilakukan penggantian.

Menurut Hamid, jika jemaah haji meninggal sebelum tanggal 9 Dzulhijjah. Maka haji tersebut harus dilakukan badal haji oleh pemerintah atau melalui petugas di sana yang telah disiapkan.

“Didiagnosa dokter mengidap Sokardiodeni atau serangan jantung. 3 hari sebelumnya memang sudah dirawat di rumah sakit Annur. Jadi dilakukan badal haji oleh petugas yang disisakan di sana,” dia menjelaskan.

Jemaah yang meninggal asal Desa Kajen tersebut, tidak dibawa ke tanah air. Melainkan yang bersangkutan dimakamkan di Soraya Mekkah.

Selain itu, dia melanjutkan bahwa Kemenag Pati akan memberikan asuransi kepada pihak anggota keluarga jemaah yang ditinggalkan. Adapun nominalnya adalah sebesar Rp 49 juta atau senilai pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

“Jemaah yang meninggal akan mendapat asuransi sebesar nilai BPIH. Uang itu nantinya akan diserahkan kepada ahli warisnya setelah kepulangan operasional haji atau rangkaian kegiatan sudah selesai,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 7 Juli 2023
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Paryanto Next post Tahun Ini Ada Program Lagi Seniman Masuk Sekolah
Social profiles