Sistem PPDB Dinilai Terlalu Panjang dan Rumit

Ilustrasi peserta didik di lingkungan sekolah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Endah Sri Wahyuningati, anggota DPRD Pati menilai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) sekarang ini prosesnya sangat panjang. Menurutnya, PPDB muncul sejumlah persoalan.

Ning, begitu sapaannya menyatakan soal PPDB banyak dikeluhkan masyarakat mulai kejelasan informasi, kejelasan prosesnya, hingga persyaratan. Bahkan dirinya mengaku jika proses selesai, tetapi pihaknya mengaku ada yang masih belum dapat sekolah.

“Prosesnya panjang, mulai pembuatan akun, daftar ke sistem, kemudian daftar tunggu, ini sangat panjang. Yang tidak terbiasa bakal sakit ini. Saya sebagai wakil rakyat sampai kepikiran proses sudah selesai tapi ternyata masih ada yang belum dapat sekolahan,” terangnya yang ditulis Senin (25/7/2023).

Selain itu, dia mencontohkan sistem zonasi banyak yang diakali seperti anak dititipkan ke wilayah tertentu atau anak dititipkan kepada anggota keluarga.

“Belum lagi kemampuan sekolah memberikan pelayanan sebaik-baiknya, ini kurang. Kemudian anak dititipkan kepada si mbahnya, padahal si mbahnya itu tidak paham,” ungkapnya.

Dia mengingatkan agar sosialisasi jangan dilakukan injury time hanya bagi kelas 9. Melainkan diberikan bagi kelas 7 dan 8 itu. Kemudian sistem harus diperbarui semisal dengan memperluas zonasi, menambah afirmasi, prestasi. Supaya sekolah mendapat siswa sesuai kualifikasi standar.

“Kami ingin ini dievaluasi oleh pemerintah penerapan sistem ini di lapangan, dilakukan penyempurnaan, lakukan sosialisasi lebih banyak. Sehingga apa yang menjadi tujuan bisa tercapai,” tandasnya.(Adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muslihan Previous post Komisi A Meyakini Regulasi Baru Akomodir Kepentingan Tenaga Honorer
Anggota DPRD Kabupaten Pati, Muntamah Next post Raih KLA Madya, Dewan Harap di Pati Nihil Kekerasan pada Anak
Social profiles