Pabrik Garam Ditarget 2020 Operasi, Dicek 2023 Bangunan masih Mangkrak

Kondisi terkini lokasi pabrik garam di Raci, Batangan, Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mempertanyakan pembangunan pabrik garam PT SPJT di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Pabrik garam itu telah dimulai delapan tahun lalu, tetapi sampai sekarang belum berdiri.

Anggota Komisi B DPRD Pati, Nur Sukarno menyayangkan mangkraknya pembangunan tersebut. Pembangunan itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di daerah. Tetapi justru faktanya adalah bangunannya mangkrak tidak ada aktivitas.

“Pembangunan pagar dan pengurugan (atau) reklamasi lokasi pabrik (SPJT) sudah dimulai sekitar delapan tahun lalu. Seharusnya ini sudah beroperasi tahun  2020, tapi sampai tahun 2023 kok belum beroperasi,” ujarnya membenarkan dihubungi Samin News, Senin (17/7/2023).

Dia mengaku bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) juga telah meninjau lokasi pabrik. Sukarno menjelaskan, meski di tempat itu telah diurug dan dipagari namun tidak ada kelanjutan proyek untuk pabrik garam ini.

Lebih lanjut, di lokasi terlihat beberapa tanaman tumbuh baik di tengah hingga di pinggir. Kendati demikian, lokasi tersebut juga diberi kawat berdiri sebagai pembatas.

Dia menjelaskan pembangunan pabrik garam PT SPJT dimiliki oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bukan proyek Pemkab Pati. Meski demikian, seharusnya pembangunan itu harus maksimal sesuai dengan tujuan didirikan.

Terlepas dari itu, Sukarno menyampaikan pembangunan pabrik garam di Raci tersebut untuk meningkatkan kualitas garam menjadi garam industri. Sehingga bisa bersaing daerah lain penghasil garam berkualitas.

“Rencananya SPJT didirikan untuk meningkatkan kualitas garam rakyat menjadi garam industri. itu menjawab tuntutan masyarakat supaya tidak impor garam. Jika impor pastinya petani lokal yang kena dampak, pasti dirugikan,” pungkasnya.(Adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Lokasi kejadian korban tersengat listrik di lantai 2 Previous post Pria Asal Gubug Grobogan Tersengat Listrik Saat Hendak Memasang Besi Bangunan
Penyuluhan antikorupsi oleh KPK di kantor DPRD Pati Next post DPRD Pati Diwejang KPK Antikorupsi
Social profiles