Musim Libur Panjang Pengunjung Destinasi Wisata Religi Meningkat

Makam Mbah Mutamakkin di Desa Kajen, Margoyoso, Pati (Istimewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati Mohamad Roni menyebut musim liburan sekolah seperti sekarang ini menjadi musim masyarakat untuk melakukan wisata religi.

Kabupaten Pati memiliki sejumlah destinasi wisata religi baik dari makam Kyai, Ulama serta tokoh karismatik, pejuang hingga keturunan kerajaan. Biasanya destinasi wisata ini banyak dikunjungi oleh masyarakat ketika musim libur tiba.

“Banyak orang tua mengajak anaknya ke tempat-tempat wisata religi ya. Nah di Pati paling kenceng itu saat musim libur sekolah,” kata Roni belum lama ini.

Masyarakat berziarah ke tempat-tempat sakral itu sebagai upaya tawashul atau lantaran ngalap berkah dari yang diziarahi. Tujuannya agar diberikan kesehatan, kenikmatan, rezeki dari Tuhan YME.

Menurutnya, selain musim libur panjang sekolah saat ini juga ditambah lagi dengan adanya cuti bersama. Sehingga, pihaknya memprediksi momen tersebut akan mendongkrak pariwisata destinasi wisata religi di Kabupaten Pati.

“Sekarang ini kan bertepatan dengan libur panjang sekolah juga ada cuti bersama, memang cukup panjang waktunya. Para orang tua bisa pergi mengajak anaknya dengan berkunjung ke wisata religi atau ke tempat pariwisata lainnya,”

Kondisi demikian, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kata Roni sektor wisata cukup sepi pengunjung. Dimungkinkan saat itu diperkirakan karena adanya virus menular yang membuat khawatir bagi masyarakat.

Momen libur panjang ini digunakan oleh masyarakat untuk berziarah ke Makassar Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, salah satunya adalah Rifki Shofiana Mukhtar. Dia mengaku berziarah dan mendoakan sosok di dalam pusara.

“Iya ziarah ke sini berdoa kepada Allah lewat Mbah Mutamakkin agar diberikan ketenangan hidup, rezeki berkah dan selalu diberikan kesehatan,” ungkapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Polresta Pati Dapat Kado Istimewa dari Kodim di Hari Bhayangkara
Ilustrasi Next post Dua Kades di Grobogan Belum Memenuhi Syarat Daftar Bacaleg
Social profiles