Masih Lama! Penyusunan Amdal Jalan Tol Demak-Tuban Belum Rampung

Peta jalan tol Demak-Tuban (foto simpul kpbu pupr)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembangunan jalan tol Demak – Tuban nampaknya masih membutuhkan proses yang sangat panjang. Hal itu mengingat belum selesainya proses analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) atau bahkan pembebasan lahan.

Mega proyek pengerjaan infrastruktur itu akan menghubungkan lintas provinsi serta sebagai dukungan terhadap rute jalan trans Jawa. Pembangunan itu diperkirakan menelan anggaran hingga mencapai Rp 45 triliun lebih.

Rute tol trans Jawa ini digadang-gadang akan menciptakan konektivitas usaha dan meningkatkan gerak perekonomian masyarakat. Di samping itu sebagai alternatif atas solusi untuk mengurai kemacetan di jalan nasional Pantura yang kerap terjadi kemacetan.

Namun kabar rencana pembangunan tol Demak – Tuban yang melintasi sejumlah daerah termasuk Kabupaten Pati prosesnya masih panjang. Sekitar setahun lalu pemerintah pusat telah memulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap program nasional itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo menyampaikan bahwa pihaknya belum menerima informasi seputar perkembangan proses penyusunan Amdal pembangunan jalan tol.

“Perkembangan perizinan Amdal pembangunan tol Demak – Tuban di Pati sampai sekarang kita belum dapat kabar terkait hal tersebut,” ujarnya dikonfirmasi Samin News yang ditulis Sabtu (1/7/2023).

Tulus mengungkapkan kegiatan sosialisasi awal kepada masyarakat yang terimbas pembangunan tol sudah hampir setahun ini. Akan tetapi, awal proses penyusunan Amdal dia mengaku tak tahu pastinya.

“Prosesnya membutuhkan waktu lama. Karena ini semua yang ngurus di pusat, kita tidak tahu persisnya seperti apa,” terangnya.

Dirinya menyebut DLH daerah sifatnya hanya mendampingi penyusunan rekomendasi atau masukan yang diperlukan. Karena itu merupakan kewenangan pusat.

“Kita hanya memfasilitasi sosialisasi, kemudian nanti kalau ada sidang Amdal mungkin kita diminta untuk memberikan masukan-masukan. Namun sampai sekarang belum ada info terkait hal itu,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kebakaran Previous post Kebakaran Rumah di Ngaringan Grobogan Diduga Karena Bediang, Kerugian Sekitar 50 Juta Rupiah
Next post Polresta Pati Dapat Kado Istimewa dari Kodim di Hari Bhayangkara
Social profiles