Ikan Bandeng Harus Bisa Jadi Produk Unggulan dan Ikon Baru di Kabupaten Jepara

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Pembudidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu Donorojo memiliki prospek bisnis menjanjikan. Selain itu, bandeng bisa dijadikan produk unggulan dan ikon baru di Jepara.

Hal itu, dikatakan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta saat temu lapang klaster budidaya ikan bandeng di Desa Ujungwatu. Acara tersebut diinisiasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sido Maju 2 Desa Ujungwatu.

Edy Supriyanta mengungkapkan, Pemkab Jepara terus fokus dengan mendorong upaya pemberdayaan ekonomi budidaya bandeng, melalui kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait.

“Kita dukung pengembangan budidaya bandeng dengan membuat brand tersendiri. Ini akan menjadi ikon buat Jepara,” kata Edy Supriyanta.

Menurutnya, klaster budidaya ikan bandeng di Ujungwatu memiliki luas mencapai 200 hektar. Panen yang dihasilkan 480 ribu kilo per tahun, dengan keuntungan 4 miliar.

Konsep budidaya seperti ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah ekonomi dan ada jaminan rantai pasok yang efisien, dimana hasil produksi akan diimbangi dengan akses pasar yang terbuka.

“Dengan adanya klaster bandeng di Desa Ujungwatu, perekonomian warga masyarakat sekitar akan meningkat. Misalnya membuat olahan seperti bandeng presto dan othak-othak bandeng,”ucapnya.(CH/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post E-Koran Samin News Edisi 21 Juli 2023
Next post Persijap Turunkan Pemain Terbaik Jumpa Persela di SGBK
Social profiles