Dewan Dukung Pembangunan TPA di Pati Selatan

Tampak seseorang di tengah tumpukan sampah di TPA Sukoharjo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Luasnya wilayah Kabupaten Pati dinilai harus dibarengi dengan penyediaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang memadai. Dari 21 kecamatan, saat ini Pemkab Pati baru memiliki satu tempat TPA yaitu berlokasi di Sukoharjo, Kecamatan Margorejo.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berencana akan membangun TPA di wilayah Pati bagian selatan. Lahan milik Perhutani rencananya oleh DLH diminta sejumlah luas tertentu untuk keperluan pembangunan lahan TPA.

“Saya setuju rencana DLH meminta lahan Perhutani untuk pembangunan pembuatan sampah di sana. Akan kami dukung, karena ini upaya penanganan sampah di wilayah selatan,” ujar anggota DPRD Pati, Warsiti belum lama ini.

Kondisi sampah di wilayah selatan menurutnya penting dilakukan penataan. Sebab, dia yang juga berasal dari wilayah selatan itu menyebutkan sampah banyak yang dibuang sembarangan, baik di tepi jalan hingga sungai.

“Sampah di Pati Selatan banyak yang dibuang di pinggir jalan dan di tepi sungai. Itu tidak bagus dan bisa menimbulkan lingkungan tercemar. pencemaran. Jadi, kalau mau dibangunkan saya senang kalau itu dilakukan,” terang dia.

Di sisi lain, anggota Komisi A tersebut sudah selayaknya pemerintah hadir untuk mengurai permasalahan sampah. Dengan begitu lahan milik Perhutani yang notabenenya juga sebagai lembaga milik pemerintah harus memperhatikan hal ini juga.

“Tanah Perhutani itu kan juga tanah negara. Jadi kalau digunakan untuk kemaslahatan, harus disupport untuk penyediaan lahan tempat sampah,” tutup Warsiti.(Adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Anggota DPRD Kabupaten Pati, Nur Sukarno Previous post Dewan Pati Beber Plus Minus Aturan Beli Gas Subsidi Pakai KTP
Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati Roihan Next post Catatan Hari Jadi Pati dari Anggota Dewan, Sejumlah Bidang Perlu Peningkatan Pelayanan
Social profiles