Baznas Serahkan Seragam Sekolah Gratis untuk Siswa SMP se-Pati

Baznas Pati memberikan bantuan seragam untuk siswa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan bantuan seragam sekolah secara gratis bagi siswa baru jenjang SMP se-Kabupaten Pati. Bantuan diserahkan berupa uang tunai, nantinya dibelikan seragam sendiri oleh penerima manfaat.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi menyampaikan bahwa pihaknya memberikan bantuan bagi siswa SD yang masuk ke SMP. Bantuan bagi jenjang SD sampai SMP Negeri itu merupakan kewenangan daerah.

“Jadi pembagian seragam gratis untuk siswa SMP Negeri ini adalah embrio karena baru pertama kali dilakukan. Kalau SMP masuk SMA itu nanti dihandep dari Baznas Provinsi,” kata Imam usai kegiatan kepada wartawan di Pendopo Pati, Jumat (7/7/2023).

Pembagian bantuan untuk seragam tersebut diharapkan bisa digunakan oleh anak-anak untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dia menjelaskan bahwa kali ini Baznas Pati memberi bantuan tiap sekolah 3 siswa.

“Jadi 3 siswa dikali 51 sekolah (SMP negeri) ada 153 anak. sekolahnya itu SMP negeri se-kabupaten Pati, yakni 51 sekolah, per anak senilai Rp 500 ribu,” jelas Imam.

Kegiatan ini digelar setiap tahunnya menjelang ajaran baru sekolah. Meski baru pertama kali, pihaknya berharap tahun-tahun berikutnya bisa menggelar bantuan serupa.

“Tahun ini kita akan mengagendakan juga bantuan kepada 5 anak tiap SD se-Kabupaten Pati yang akan diberikan. Itu nanti berupa bantuan pendidikan, siswa yang dipilih yang belum pernah mendapat bantuan dan tergolong fakir miskin,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 6 Juli 2023
Kasat Reskrim Polresta Pati, Kompol Onkoseno Gradiarso Sukahar Next post Angka Kejahatan Tinggi, Ini Penjelasan Kasat Reskrim
Social profiles