Sukses Temilreg FoSSEI Jateng 2023, Berikan Penguatan Ekosistem Digital dan Halal Value Chain Demi Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Islam Dunia

0

SAMIN-NEWS.com, Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Jawa Tengah telah sukses menyelenggarakan acara Temu Ilmiah Regional (Temilreg) Jateng 2023 pada tanggal 16-18 Juni  2023. Temilreg merupakan salah satu agenda yang diselenggarakan setiap tahun oleh FoSSEI sebagai wadah kompetisi antara kader-kader FoSSEI. Melalui Temilreg Jateng, para kader FoSSEI yang tergabung dalam Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di berbagai universitas seluruh Jawa Tengah memiliki kesempatan untuk saling berinteraksi, menjalin ukhuwah, berbagi pengetahuan, dan berkompetisi dalam bidang ekonomi syariah.

KSEI FEB UNNES dengan bangga menjadi tuan rumah Temilreg Jateng 2023 dengan tema Penguatan Ekosistem Digital dan Halal Value Chain Demi Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Islam Dunia”. Sebagai salah satu KSEI yang terkemuka di Jawa Tengah, KSEI FEB UNNES berkomitmen untuk menyelenggarakan acara yang berkesan dan bermanfaat bagi seluruh peserta. Dengan dukungan dan kerja sama antara KSEI FEB UNNES dan FoSSEI Jateng yang baik, Temilreg tahun ini dapat dilaksanakan dengan sukses.

Diselenggarakan di Gedung FEB UNNES, rangkaian acara Temilreg dimulai pada hari Jumat (16/06/2023) dengan Seminar Pasar Modal Syariah 1000 Santri. Acara ini merupakan bagian dari kerjasama antara BEI, OJK dan MES Jateng dengan KSEI FEB UNNES sebagai penyelenggara. Seminar ini turut dimeriahkan dengan sambutan dari Asisten Ekonomi & Pembangunan Setda Provinsi Jawa Tengah, Bapak Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si. , MES Central Administration, Bapak Ahmad Fauzie Nur, S.E., M. Business, dan Bapak Agung Yulianto, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Dekan I FEB UNNES.

Sebagai keynote speaker, hadir Bapak Fanny Rifqi El Fuad, S.E., M.Si. selaku Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah 1, dan Bapak Nico Pracahya dari Phintraco Sekuritas yang memberikan pengetahuan dan perspektif tentang pasar modal syariah. Seminar ini diakhiri dengan penyampaian materi dari Market Development Brand Wardah,Vira Bellani, sebagai program dari Wardah Beauty Moves Youth School Roadshow.

Rangkaian acara Temilreg turut didukung oleh berbagai pihak, antara lain Bank Jateng Syariah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Trans Semarang, dan Wardah.

Kegiatan dilanjutkan dengan babak penyisihan dalam rangkaian perlombaan yang terdiri dari Business Plan, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Olimpiade.

Sabtu (17/06/2023) Temilreg FoSSEI Jateng melanjutkan rangkaian acara babak final untuk peserta yang berhasil masuk ke tahap akhir kompetisi Business Plan, LKTI, dan Olimpiade serta Diskusi Regional. Acara ditutup dengan seremoni penghargaan (Awarding Night) yaitu pengumuman juara dan pemberian penghargaan pada para pemenang lomba.

Pada hari Minggu (18/06/2023) diadakan field trip ke Museum Ronggowarsito dan Masjid Agung Jawa Tengah yang sekaligus menjadi penutup dari rangkaian acara Temilreg FoSSEI Jateng 2023 ini.

Foto bersama saat pembukaan kegiatan Temilreg FoSSei Jateng 2023, yang di hadiri oleh : Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si. , (Asisten Ekonomi & Pembangunan Setda Provinsi Jawa Tengah). Bapak Ahmad Fauzie Nur, S.E., M (MES Central Administration), Agung Yulianto, S.Pd., M.Si (Wakil Dekan I FEB UNNES), Fanny Rifqi El Fuad, S.E., M.Si (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah 1), Nico Pracahya (Phintraco Sekuritas yang memberikan pengetahuan dan perspektif tentang pasar modal syariah), Market Development Brand Wardah, Vira Bellani (program dari Wardah Beauty Moves Youth School Roadshow) 16/06/23.
Foto bersama saat pembukaan kegiatan Temilreg FoSSei Jateng 2023, yang di hadiri oleh : Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si. , (Asisten Ekonomi & Pembangunan Setda Provinsi Jawa Tengah). Bapak Ahmad Fauzie Nur, S.E., M (MES Central Administration), Agung Yulianto, S.Pd., M.Si (Wakil Dekan I FEB UNNES), Fanny Rifqi El Fuad, S.E., M.Si (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah 1), Nico Pracahya (Phintraco Sekuritas yang memberikan pengetahuan dan perspektif tentang pasar modal syariah), Market Development Brand Wardah, Vira Bellani (program dari Wardah Beauty Moves Youth School Roadshow) 20/06/23.

Tahun ini, KSEI FRESH FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta berhasil menjadi Juara Umum Temilreg FoSSEI Jateng. “Kita besar karena dua hal, yakni kedisiplinan dan pengorbanan” ungkap Sidiq Dwi Prasetyo selaku Presiden FRESH 2023 dalam pidatonya setelah menerima piala juara umum yang diberikan oleh Presidium Nasional FoSSEI Bidang Kaderisasi, Renaldi.

Zayd Maulana Ambari selaku Koordinator Regional FoSSEI Jateng menyampaikan harapannya untuk Temilreg FoSSEI Jateng 2023 “Semoga berkah penuh hikmah, mari merajut ukhuwah dalam dakwah bernuansa ilmiah, menjadi Suluh nyata untuk semua, dengan Terus berkolaborasi agar gerakan kebaikan terkalibrasi, demi menjadi ekonom rabbani” Pungkasnya.