Revolusi Pendidikan SMK Arridlo Dukuhseti Lahirkan Alumnus Berkompeten

Kepala SMK Arridlo Dukuhseti, Muhammad Izzaussalam (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Langkah besar dibangun SMK Arridlo Dukuhseti untuk melahirkan alumnus yang ahli dan kompeten di bidangnya. Untuk mewujudkan hal itu dilakukan dengan cara melakukan revolusi pendidikan, yakni revolusi pembangunan institusi building, karakter building, dan image building.

Waka Manajemen Mutu SMK Arridlo H. Agus Mahfud, menjelaskan pembangunan institusi building, yaitu membangun institusi SMK yang lebih kuat, dengan cara memaksimalkan sumber daya guru, dan struktur organisasi SMK Arridlo yang telah ada.

“Kedua karakter building, yaitu membangun sebuah karakter yang kuat bagi lembaga SMK Arridlo agar mampu mencetak lulusan sesuai standar yang telah dirumuskan pemerintah dan diderivasi sekolah melalui SKL atau standar kelulusan di SMK Arridlo,” katanya, Rabu (14/6/2023).

Ketiga, lanjutnya adalah image building yaitu membangun image atau citra positif di ruang publik.

Di samping itu, pihaknya menjelaskan konten revolusi pendidikan di SMK Arridlo yang ditempuh adalah berupaya bagaimana semaksimal mungkin mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar (IKM). Dengan memastikan ‘Rumusan Pembelajaran’ yang disepakati berjalan on the track.

Selanjutnya, konten yang diterapkan adalah “Desain Alur Pembelajaran” sebagai rambu-rambu untuk mengarahkan siswa guna mempermudah proses belajar. Lalu, pembelajaran ini sesuai modul sebagai panduan teknik. Sehingga ketika lulus, siswa bisa diserap ke dunia industri.

Menurutnya, desain yang dibentuk itu merupakan implementasi dari Profil Pelajar Pancasila. Ada beberapa poin di dalamnya, pertama, beriman kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kedua mandiri, ketiga gotong royong, empat berkebhinekaan global, lima bernalar kritis, dan keenam kreatif.

“Hal ini merupakan solusi untuk menjawab kebutuhan pendidikan kekinian di tingkat SMK, khususnya SMK Arridlo yang memiliki kompetensi keahlian akuntansi keuangan. Rencana ke depannya kita akan menambahb (kejuruan) lagi, kompetensi multimedia atau teknik komputer,” terangnya.

Sementara Kepala SMK Arridlo Dukuhseti, Muhammad Izzaussalam, menambahkan bahwa gebrakan revolusi pembelajaran ini merupakan program sekolah yang telah disepakati bersama. Sehingga pihaknya mempercayakan kepada Waka Manajemen Mutu dan Waka lainnya sesuai dengan jobdesk masing-masing.

Atas dasar itu, dia meminta kepada masyarakat jangan ragu maupun timbul kekhawatiran berlebih. Sebab, siswa di SMK Arridlo akan digembleng dengan skema standar mutu pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan kompetensi di dunia industri dan dunia kerja.

“Orang tua wali jangan khawatir, karena kami telah memberikan jaminan kualitas pendidikan di SMK Arridlo sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman sesuai dengan bidang kompetensi,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ruang Rapat Paripurna DPRD Pati Direnovasi, Pagu Rp 1 M Sekian
Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Kuswantoro Next post Ke Depan Aturan Anyar Beli LPG 3 Kilogram Pakai NIK
Social profiles