Mutrikah Borong Dagangan UMKM di Festival Makanan Olahan Kutuk Desa Karangrowo

Foto: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Mutrikah saat membeli beberapa dagangan UMKM di Desa Karangrowo

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus telah memborong beberapa dagangan UMKM di Desa Karangrowo Kecamatan Undaan, saat menghadiri pagelaran seni budaya dan festival makanan olahan kutuk

Saat berada di Desa Karangrowo, Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah membeli beberapa dagangan UMKM diantaranya wedang jalak, serondeng, dan beberapa produksi olahan lainnya.

“Saya beli minuman wedang jalak. Ini memang kita beri semangat dengan adanya pandemi ke endemi masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan. Sehingga makanan maupun minuman harus sehat,” tuturnya, Selasa (6/6/2023) kemarin.

“Saya juga membeli serondeng berupa makanan yang diambil bahan bakunya dari wilayah Wonosoco. Selain itu saya juga senang makan makanan sejenis ketan,” tambahnya.

Lebih lanjut, kegiatan yang rencananya akan digelar selama 1 Minggu itu diapresiasi olehnya dan dinilai sangat luar biasa. Baginya itu akan menambah semangat masyarakat Desa Karangrowo.

“Itu sangat luar biasa. Kami juga aangat mengapresiasi terhadap semangat masyarakat yang hadir di event tersebut. Sekian tahun sudah menjadi desa wisata dengan SK bupati. Harapan kita masyarakat semakin semangat dalam mendorong berkembangnya desa wisata,” bebernya.

Selain itu berbagai potensi desa wisata dapat diexplore. Menurutnya ini sangat membanggakan sekali di beberapa tahun terakhir. Sebab sebelumnya tahun kemarin muncul pandemi sehingga masyarakat tidak menggelar kegiatan.

“Tapi ketika digelar langsung luar biasa, berbagai potensi semuanya dikeluarkan dan di promosikan, hal ini supaya potensi Karangrowo dikenal luas. Seperti Enceng gondok dan iwak kutuk dan itu sudah menjadi budaya masyarakat yang setiap harinya memasak,” katanya.

Harapannya, potensi desa wisata UMKM dan ekonomi kreatif ini terus dikembangkan dengan cara inisiatif dari kepala desa yang memberikan program melalui pemberdayaan masyarakat.

“Masyarakat juga harus punya semangat. Sehingga produk ini semakin layak jual. Harganya bisa bersaing dan dijual yang bisa menjadi jujukan wisatawan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Heri Darwanto menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan pagelaran seni budaya dan festival makanan olahan kutuk di Desa Karangrowo.

“Hari ini kami menampilkan olahan masakan ikan kutuk diantaranya, nugget kutuk, rica-rica kutuk, semur kutuk, asam manis kutuk, mangut kutuk, sate lilit ikan gabus dan lain-lain. Untuk selain makanan ada juga produksi barongan, terasi jowo, anyaman bambu, dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat ditemui seusai acara peresmian Previous post Sekum Muhammadiyah Sebut RS Sarkies Aisyah Terbesar di Indonesia
Foto: Tampak beberapa kerusakan yang terjadi di SMPN 1 Mejobo Kudus Next post Empat Ruangan di SMPN 1 Mejobo Kudus Alami Kerusakan
Social profiles